Tutorial Cara Publikasi Artikel Menggunakan Facebook Instan Article

0
201
cara publikasi artikel menggunakan Facebook instan article

Cara publikasi artikel menggunakan Facebook instan article harus dipelajari terlebih dulu bila anda ingin mempromosikan konten artikel website anda via Facebook. Berbeda dengan share link di Facebook, instan article akan memberikan hasil promosi yang lebih baik. Sebab, status pencariannya akan terdeteksi sebagai pencarian organik layaknya bila anda mencari via search engine Google.

Dalam artikel ini, anda akan diajarkan bagaimana cara mempublikasikan artikel setahap demi setahap. Simak tutorial lengkanya  di bawah ini.

Tahapan Awal Cara Publikasi Artikel Menggunakan Facebook Instan Article

Untuk bisa menggunakan fitur Facebook instan article, anda harus terlebih dulu mendaftarkan diri. Tidak cukup hanya dengan memiliki akun Facebook saja, namun anda juga harus mengisi formulir khusus. Tujuannya adalah sebagai tanda bila anda ingin bekerja sama dengan Facebook.

Kerja sama tersebut dalam bentuk pertama, anda yang menyediakan konten artikel untuk dibagikan pada khalayak umum. Lalu, bentuk kedua adalah Facebook menyediakan lahannya yang digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia yang bisa anda jadikan sebagai target viewer.

Kerja sama ini akan menguntungkan kedua pihak. Yakni, anda akan untung karena konten artikel yang terintegrasi dengan alamat website anda akan mendatangkan traffic yang besar di blog dengan bantuan promosi dari Facebook. Untung bagi Facebook adalah penggunanya akan tetap membuka situs Facebook ketika ingin mencari informasi tentang suatu hal.

Baca juga:  Cara Efektif Belajar Mengetik 10 Jari Tanpa Melihat

Baca Juga : Cara menaikkan traffic pengunjung di blog

Hasil dari tahapan ini adalah anda akan bisa mengakses Facebook page sebagai admin atau editor.

Verifikasi Website

cara publikasi artikel menggunakan Facebook instan article 1

Cara verifikasi website adalah dengan menuju pada bagian “connect your site”. Dalam tahapan ini, anda diharuskan untuk mengisi meta tag dengan menambahkan nama Facebook page dan ID page di dalamnya. Terakhir, masukkan alamat URL website anda, lalu klik “Claim URL”. Dengan begitu, tahap pembuka sebelum menerapkan cara publikasi artikel menggunakan Facebook instan article telah usai.

Berikutnya, anda sudah bisa memasukkan artikel untuk bisa direview pihak Facebook. Tujuan dari tahapan tersebut adalah untuk memberikan gambaran kepada Facebook mengenai profil konten artikel anda. Tahap ini sangat berpengaruh terhadap diterima atau tidaknya kerja sama yang anda ajukan. Oleh karena itu, anda harus memahami pula format penulisan artikel untuk diajukan pada Facebook ini. Karena, di dalamnya harus mengandung format resmi yang tunduk dan mengacu pada instan article.

Baca juga:  Apa itu Facebook Instant Articles? Teknik Jitu Pemasaran Blog

Beberapa poin penting dalam pengaturan format artikel yang akan membuat artikel anda unggul di antaranya :

1. Pengaturan Gambar

Aturlah “data mode” attribute dengan opsi full screen, supaya nantinya gambar bisa dibuka dalam bentuk full screen. Di bagian gambar yang lain, terdapat opsi “data-feedback” attribute yang akan membuat pengunjung untuk bisa memberikan Like atau menuliskan komentar secara langsung.

2. Pengaturan Meta Tag

Format meta tag sangat penting perannya dalam menerapkan cara publikasi artikel menggunakan Facebook instan article. Sebab, meta tag ini lah yang nantinya akan membuat singkronisasi antara posting artikel di Facebook dengan alamat asli artikel di website anda. Karenanya, dalam menyusun meta tag ini, anda harus fokus agar tidak terjadi kesalahan.

cara publikasi artikel menggunakan Facebook instan article 2

Jadi, meta tag ini harus disusun secara manual. Caranya, pada bagian heading, anda harus menambahkan “fb:article_style” ke dalam tagnya. Dengan begitu, heading anda akan terlihat berbeda dan lebih menonjol dibandingkan dengan paragraf yang umum yang berisi konten artikelnya. Lalu, untuk membuat supaya orang yang membaca artikel di Facebook instan article dapat masuk ke traffic blog anda, meta tag yang digunakan adalah “canonical”. Pasanglah meta tag ini di bagian atas, supaya orang dapat dengan mudah memencet linknya.

Baca juga:  Plugin Anti Ad Blocker untuk Wordpress

Submit Content

Setelah Facebook menerima ajuan kerja samamu, tibalah saatnya memasukkan isi artikel di tools Facebook instan article. Caranya adalah dengan langsung menuju “publishing tool”. Lalu, klik +create yang akan membawamu pada posting dengan format HTML code. Setelah memposting isi artikelnya, lihatlah preview artikel tersebut. Bila formatnya sudah bagus dan sesuai dengan yang anda inginkan, klik submit.

cara publikasi artikel menggunakan Facebook instan article 3

Perlu diketahui, setelah anda submit, Facebook masih akan mereview tulisan tersebut. Bila anda melakukannya dengan baik dan benar, yakinlah bahwa artikel anda pasti akan lolos seleksi. Walaupun proses ini terlihat lama, namun hasil yang akan diberikan pada traffic blog anda akan seimbang dengan usaha yang anda keluarkan. Jadi, selamat berjuang ya. Sekian tutorial dan tahapan-tahapan cara publikasi artikel menggunakan Facebook instan article yang bisa kami share kali ini.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.