Cara Membuat Artikel Blog yang Bagus untuk Google

1
171

Cara membuat artikel blog ini merupakan topik penting yang harus dipelajari para blogger pemula. Sebab, artikel adalah inti kunci dari blog itu sendiri. Jika artikel ini tidak memiliki konten yang bagus, maka kesempatan untuk menaikkan rating blog menuju first page Google akan lebih susah. Lantas bagaimana artikel yang bagus untuk blog itu? Simak penjelasan di bawah ini agar anda bisa memahaminya.

Artikel Blog yang Berkualitas

Sebuah artikel untuk blog dikatakan bagus apabila isinya original dan tidak pernah termuat dalam blog atau website lain. Cara mengecek tingkat originalitas sebuah artikel bisa dilakukan melalui website-website yang menyediakan fitur cek plagiasi. Fitur tersebut tidak akan merugikan blogger pemula yang umumnya masih belum memiliki pendapatan dari Google. Sebab, fitur cek plagiasi bisa diakses secara gratis.

cara membuat artikel blog - cek plagiasi

Cara mengoperasikannya pun sangat mudah, yakni tinggal menuju website yang menyediakan fitur cek plagiasi, kemudian copy paste kan isi artikel yang ingin dicek tingkat keasliannya. Dalam melakukan pengecekan gratis ini, biasanya terdapat batasan maksimal jumlah kata dalam sekali cek. Batas tersebut bervariasi tergantung kebijakan website masing-masing. Jika ingin yang unlimited, anda bisa melakukan pembuatan akun di website tersebut dan membayar biaya pendaftaran untuk menggunakan fitur-fitur yang ditawarkannya.

Baca juga:  SEO : Panduan Lengkap untuk Para Blogger Pemula

Sistematika Penulisan Artikel

Sistematika adalah bagaimana sebuah tulisan itu tersusun. Faktor ini penting diperhatikan sebagai strategi cara membuat artikel blog yang berkualitas. Jadi, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuat kerangka tulisannya terlebih dulu. Kerangka tulisan yang baik umumnya tersusun dari paragraf pembukaan, dilanjutkan dengan isi konten inti dari topik artikel, kemudian diakhiri dengan paragraf penutup.

Paragraf Pembuka

Bagaimana cara membuat kalimat yang baik di masing-masing bagian dari kerangka di atas? Untuk membuat paragraf pembuka, ulaslah fakta umum yang berkaitan dengan topik. Misalnya anda membahas tentang tempat travelling di Yogyakarta. Nah, anda bisa mengulas tentang kota Yogyakarta dan karakteristik masyarakatnya sebagai paragraf pembuka ini. Kemudian, pada kalimat terakhir, arahkan kalimatnya supaya berkaitan dengan topik yang akan dibahas.

Untuk isi konten intinya, sebaiknya anda tidak banyak menggunakan kalimat basa-basi. Sebab, pembaca artikel pasti menginginkan jawaban atas apa yang mereka cari sesegera mungkin. Jadi, gunakanlah kalimat yang berisi, jelas, mudah dipahami, fokus dengan topik yang dibicarakan, serta dituliskan dengan cara yang sesuai. Cara yang sesuai ini maksudnya apabila artikel anda merupakan artikel prosedur untuk membuat sesuatu misalnya, maka penulisan dengan cara poin-poin tentu akan lebih enak dibaca dari pada menjabarkannya dalam bentuk paragraf. Untuk tema lainnya, anda bisa menyesuaikan sendiri bagaimana yang paling enak dibaca.

Baca juga:  5 Langkah Efektif Mengatasi Writer Block

cara membuat artikel blog - isi konten

Jika masih bingung menerapkan cara membuat artikel blog di atas, anda bisa posisikan diri anda sendiri ketika berperan sebagai pembaca artikel yang sedang mencari informasi di Google. Apa yang membuat orang berkunjung ke blog itu? Kemudian, catatlah tipe artikel yang seperti apa yang enak untuk anda baca. Lalu, terapkan poin-poin tersebut pada saat anda menuliskan artikel untuk blog anda sendiri.

Paragraf Penutup

Terakhir, untuk membuat paragraf penutup dari sebuah artikel, usahakan lah untuk memberikan sedikit kesimpulan dari ulasan artikel yang telah ditulis. Dengan begitu, para pembaca yang belum memahami ulasan artikel yang dijabarkan secara panjang, setidaknya mereka bisa menangkap inti dari apa yang dibicarakan di artikel tersebut.

Lalu, pada bagian tengah paragraf terakhir, masukkanlah kata-kata ajakan jika artikel anda bertema review. Contohnya seperti “Jadi, tunggu apa lagi? Mari segera kunjungi outlet blablabla”. Jika tema artikel anda tips-tips kesehatan, berikan himbauan agar pembaca rajin melakukan check up baik oleh dirinya sendiri atau pada dokter jika masalah yang dialami tidak bisa ditangani sendiri. Untuk contoh-contoh kalimat ajakan yang lain, anda bisa menyesuaikan sendiri dengan tema artikel anda.

Baca juga:  Tutorial Cara Publikasi Artikel Menggunakan Facebook Instan Article

Baiklah, sekian pembahasan mengenai cara membuat artikel blog yang bisa kami bagikan. Ingatlah untuk tetap berusaha karena sebuah hasil yang besar dan bertahan lama sangat jarang yang menggunakan proses yang singkat dan cepat. Selamat mencoba.

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.