Cara Membersihkan Jamur di Jas Hujan agar Kembali seperti Baru

1
6741
Cara Membersihkan Jamur di Jas Hujan

Cara membersihkan jamur di jas hujan merupakan topik menarik yang banyak dicari orang terutama saat musim hujan tiba. Jas hujan sendiri memiliki peran yang penting yakni sebagai penyelamat nomor satu bagi pengguna sepeda motor. Namun, ada satu kesalahan yang banyak dilakukan pengguna jas hujan setelah memanfaatkannya. Kesalahan apa itu? Yap, menjemur.

Sering kali, sehabis hujan-hujanan di jalan dan badan terkena hawa dingin saat perjalanan, sesampainya di rumah rasanya badan ingin cepat-cepat merasa hangat. Karenanya, orang biasanya hanya menggeletakkan jas hujan sembarangan atau bahkan langsung melipatnya kembali dan memasukkannya ke jok motor bila tempat tujuannya bukan rumah.

Tindakan-tindakan di atas akan membuat jas hujan menjadi lembab dan kondisi itulah tempat favorit bagi jamur untuk tumbuh. Jika jas hujanmu tiba-tiba menjadi kusam dengan hiasan warna putih di beberapa tempat yang acak, nah, itulah jamurnya. Jika sudah begitu, bagaimana cara membersihkan jamur di jas hujan supaya kembali seperti baru?

Baca juga:  Langkah Mudah Mengatasi Tanda Seru Pada Wifi Laptop

Cara Membersihkan Jamur di Jas Hujan 1

Pertama, kamu tidak perlu khawatir. Jas hujan yang berjamur putih masih tetap bisa dikembalikan ke kondisi semula kok. Jika kamu berencana membersihkan jamur dengan mencucinya seperti kamu mencuci pakaian, cara itu salah besar. Jangan sampai kamu capek-capek menyikat jas hujan menggunakan sabun karena setelah kering jamurnya akan tetap ada.

Bahan untuk Membersihkan Jamur di Jas Hujan

Untuk mengusir jamur di jas hujan, kamu hanya perlu dua alat, yakni alkohol 70% (bisa juga pakai aseton untuk membersihkan cat kuku jika ingin yang lebih murah) dan sikat gigi. Pemilihan sikat gigi memang akan membuat capek saat menyikat nanti, karena bentuknya kecil. Tapi, dia memiliki bulu sikat yang rapat dan halus sehingga alkohol bisa terserap dan memudahkan saat proses perataan alkohol di permukaan jamur jas hujan. Dengan begitu alkohol yang kamu gunakan akan hemat.

Baca juga:  Cara mudah mengatasi hang pada komputer dan laptop

Tahapan Cara Membersihkan Jamur di Jas Hujan

Cara membersihkan jamur di jas hujan sangatlah mudah. Bentangkan jas hujan, kemudian carilah spot-spot mana saja yang ada jamurnya. Setelah itu, tuangkan sedikit alkohol ke satu spot jamur lalu sikatlah sampai bersih. Alkohol memiliki sifat yang mudah menguap, sehingga sebaiknya tidak dituangkan dalam jumlah banyak sekaligus karena saat kamu menyikat di satu spot, bisa saja alkohol di spot lain sudah mengering.

Setelah semua jamur sudah tersikat, voila, lihatlah, jas hujanmu kembali seperti baru dan tidak apek karena sudah berbau harum alkohol. Nah, walaupun artikel ini berjudul cara membersihkan jamur di jas hujan, namun cara ini tidak hanya bisa diaplikasikan pada jas hujan saja lho. Ia bisa juga digunakan untuk membersihkan tas kulit yang jamuran karena lama disimpan di almari yang lembab. Sepatu pantofel dan jenis lain yang menggunakan bahan serupa pantofel, dompet kulit, serta jaket kulit juga bisa menggunakan cara membersihkan jamur ini untuk membasmi jamur nakal yang menempel di bahannya.

Baca juga:  Cara Mendapatkan Uang Dari Blog

Cara Membersihkan Jamur di Jas Hujan 2

Baiklah, setelah mempelajari cara membersihkan jamur di jas hujan ini, selanjutnya kamu harus lebih menjaga dan memperhatikan barang-barangmu. Jangan sampai ia diletakkan di tempat yang terlalu lembab atau juga terlalu terpapar sinar matahari secara langsung. Lakukan pengecekan minimal satu minggu sekali, supaya hal-hal yang tidak diinginkan dapat dicegah dengan lebih cepat. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.