TeknologiOpini

Ini Konsep Queue pada Struktur Data

Antrian (Queue) pada struktur data juga sama, Hanya saja "Orang" diganti dengan "Data/Elemen", Jadi Queue adalah sekumpulan elemen yang jika ada elemen baru ditambahkan akan otomatis mengantri atau

Sebelum membahasnya lebih jauh, Yuk kita baca analogi Antrian agar anda lebih paham penjelasan saya. Karena Analogi antrian pada Struktur Data hampir sama dengan Antrian yang ada didunia nyata.

Pada saat anda mengantri, Orang yang baru datang akan otomatis berada dibelakang bukan? Dan siapa yang pertama kali dilayani? Pastinya orang yang pertama mengantri atau orang yang mengantri sebelum orang yang baru datang ikut mengantri.

Antrian (Queue) pada struktur data juga sama, Hanya saja “Orang” diganti dengan “Data/Elemen”, Jadi Queue adalah sekumpulan elemen yang jika ada elemen baru ditambahkan akan otomatis mengantri atau berada paling belakang, Konsep ini juga sering disebut FIFO (First In First Out).

Konsep Queue pada Struktur Data

Berikut operasi penting dalam queue :

Baca juga:  Asus Zenfone Max Pro M1, Makin Murah Harganya!
  1. Add berfungsi menambahkan sebuah elemen ke dalam antrian
  2. Delete berfungsi menghapus atau mengeluarkan elemen dari antrian

Kita buat contoh Misalnya kita mempunyai Queue Q = [Q1, Q2, ….., Qn], Maka bisa dilihat bahwa Q1 adalah First sedangkan Qn adalah Last. Jika dilakukan prosedur add Qm maka secara otomatis Qm akan berada di belakang Qn, Dan jika dilakukan Prosedur Delete maka Q1 akan keluar dari Queue (Antrian).

Dalam Ilmu Komputer, Queue sering digunakan terutama dalam Sistem Operasi yang membutuhkan sumber daya dan penjadwalan. Misalnya time-sharing computer-system dimana ada sejumlah pemakai akan menggunakan system tersebut secara serempak.

Related Articles

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button