Ruang Lingkup Artifical Intelligence yang Perlu Diketahui

0
715

Kecerdasan buatan atau biasa disebut dengan Artificial Intelligence adalah Sebuah ilmu yang berhubungan dengan mesin agar dapat melakukan pekerjaan seperti manusia dan sebaik manusia. Pada awalnya peran Komputer berfungsi untuk alat hitung, Namun kini Komputer berkembang dan lebih dari sekedar sebagai alat hitung. Sekarang Peran komputer lebih mendominasi kepada kegiatan manusia. Bukan hanya itu, Diharapkan Komputer dapat diperdaya agar mengerjakan segala sesuatu yang dikerjakan manusia.

Ruang Lingkup Artifical Intelligence yang Perlu Diketahui

Beberapa ruang lingkup Artificial Intelligence sebagai berikut :

  1. Sistem Pakar dimana komputer digunakan untuk menyimpan pengetahuan para pakar
  2. Pengolahan bahasa alami, dengan pengolahan bahasa alami ini diharapkan agar user mampu berkomunikasi dengan komputer menggunakan bahasa sehari-hari.
  3. Pengenalan ucapan, Pada pengenalan ucapan diharapkan user dapat berkomunikasi dengan komputer menggunakan suara. Contohnya adalah fitur voice search yang disediakan oleh google.
  4. Robotika dan sistem sensor
  5. Computer vision
  6. Intelligent Computer and Instruction
Baca juga:  Snapdragon 845, 4 Smartphone Murah Berkualitas di 2019

Pemanfaatan Artificial Intelligence untuk Sistem Sensor

Sistem sensor sangat erat kaitannya dengan robotika ini sebenarnya dapat dikombinasikan dengan kecerdasan buatan, Bahkan tanpa kita sadarin bahwa pembuatan robot itu sebenarnya mengandung unsur kecerdasan buatan. Beberapa contoh pemanfaatan Kecerdasan Buatan pada sistem sensor : sistem berbasis pengetahuan (knowledge-based systems), fuzzy logic, akuisisi pengetahuan otomatis (automatic knowledge acquisition), neural networks, genetic algorithms, case-based reasoning, dan ambient-intelligence.

Namun terlepas itu semua banyak kekuatiran salah satunya adalah penggunaan sistem AI yang terlampau dari batasnya akan berdampak pergantian pekerjaan manusia pada sistem AI. Namun hal itu sudah dibantah oleh IBM Indonesia, Mereka mengatakan

Manusia dalam menghadapi sesuatu yang baru pasti takut, pasti gamang. Cenderung untuk enggak mau berubah“~ Gunawan Susanto

Baru-baru ini ada kabar bahwa Sistem AI pada Facebook telah dihentikan. Hal ini dilakukan karena AI tidak lagi berkomunikasi dengan bahasa inggris yang tidak dimengerti oleh manusia. Agen-agen AI itu diketahui telah menggunakan bahasa yang baru untuk berkomunikasi.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.