Error Code Play Store Lengkap Dan Cara Mengatasinya Bagian 2

0
82

Hallo~ internet, Beberapa bulan lalu saya membuat artikel tentang Error Code Play Store Lengkap Dan Cara Mengatasinya namun artikel itu terlalu pendek mengingat banyak sekali error code play store. Artikel ini adalah lanjutan dari artikel pertama, Semoga disini kamu dapat menemukan error code yang sedang dialami oleh kamu.

Error Code Play Store Dan Cara Mengatasinya

Mereboot smartphone bukanlah solusi yang tepat, Karena error code itu akan terus muncul saat kamu melakukan hal yang sama misalnya download aplikasi di Play Store. Error code ini memang sangat mengganggu, Bagaimana tidak? Terkadang error code ini muncul setelah unduhan kita sudah mencapai 100%, Alhasil Quota terkuras aplikasipun tidak terunduh.

Error Code (rh01 error)
Error code ini muncul karena error saat mengambil informasi dari server, Error code ini jarang ditemukan, Namun kamu harus mengetahuinya agar saat kamu terkena error code ini kamu tidak bingung cara mengatasinya.

Cara pertama :

  1. Masuk ke Pengaturan/setelan/setting
  2. Selanjutnya ke Aplikasi
  3. Pilih Semua
  4. Cari Google Play Store
  5. Kemudian Hapus Data dan Hapus Cache
  6. Lakukan hal yang sama juga untuk Google Framework Services
Baca juga:  4 Cara Efektif Mengatasi IPHONE Bootloop

Cara kedua :

  1. Masuk ke Pengaturan
  2. Selanjutnya cari Akun
  3. Pilih Google
  4. Hapus Akun yang terkait dengan Android kamu
  5. Lalu Reboot Smartphone kamu
  6. Setelah itu masuk ke Google Play Store
  7. Silahkan Login Akun Google kamu

Cara menghapus akun google berbeda-beda caranya, silahkan sesuaikan dengan smartphone kamu. Saya sendiri menggunakan Asus Zenfone 5.

Error Code (Error rpc: s-5: AEC-0)
Jika kamu menemukan error code seperti ini, Nampaknya kamu harus menghapus update Google Play Store kamu. Error ini sendiri diakibatkan Error saat mengambil informasi server (Error while retrieving information from server).

Cara memperbaikinya :

  1. Pergi ke Pengaturan
  2. Cari Aplikasi
  3. Pilih Semua
  4. Lalu cari Google Play Store
  5. Pilih Hapus Cache dan Uninstall Update

Lakukan hal yang sama pada Download Manager (Pengelola Unduhan) dan Google Framework Services.

Error Code (Error 505)
Nah, Mungkin error code ini yang sering ditemui saat menginstall aplikasi atau game di Google Play Store. Masalah ini muncul dikarenakan aplikasi memiliki izin yang sama dengan aplikasi lain (Duplikat izin).

Baca juga:  Ayo Lirik Rekomendasi 4 Power Bank Mantap 2018 Versi HobyBaca

Cara mengatasinya adalah dengan mencari tahu apakah ada Aplikasi yang terinstall di Smartphone kamu yang memiliki izin sama dengan Aplikasi yang kamu install. Jika kamu sudah menemukan Aplikasi yang memiliki izin yang sama, Kamu perlu menghapusnya atau kamu tidak akan bisa menginstall Aplikasi tersebut.

Error Code (Error 413)
Perlu kamu ketahui ketika kamu menggunakan Proxy, Kamu tidak akan pernah bisa menginstall maupun update Aplikasi Google Play Store. Karena menggunakan Proxy dapat menyebabkan masalah dengan Aplikasi Google Play Store.

Cara mengatasinya :

  1. Masuk ke Pengaturan
  2. Pilih Aplikasi
  3. Selanjutnya pilih Semua dengan cara Geser ke kiri
  4. Jika sudah, Cari Google Services lalu Hapus Data lalu pilih Paksa Berhenti

Lalukan cara diatas pada Google Play Store, Selanjutnya kamu dapat menghapus Cache di browser yang kamu gunakan.

Error Code (Package File Invalid)
Kamu pernah mengalami Error Code seperti ini? Atau sedang mengalami Error Code seperti ini? Jangan kuatir karena banyak cara mengatasi Error code seperti ini. Masalah ini terjadi karena Play Store yang ada di Smartphone kamu mengalami error. Untuk mempersingkat artikel mungkin saya tidak akan menulis step by step nya, Tapi saya yakin kalian dapat mengikuti cara ini.

Baca juga:  Mengenal Lebih Jauh Bad Sector, Penyebab dan Mengatasinya

Cara pertama :
Cara pertama adalah kamu perlu menghapus cache dan menghapus data aplikasi Google Play Store kamu. Setelah kamu menghapus cache dan data Google Play Store kamu, Coba buka lagi Google Play Storenya.

Cara kedua :
Kalau selama ini kamu meninstall Aplikasi menggunakan Aplikasi Google Play, Sesekali kamu install atau memperbaharui aplikasi dengan menggunakan Website Google Play Store.

Cara ketiga :
Jika kamu menggunakan WIFI untuk menginstall Aplikasi di Google Play Store, Coba kamu matikan WiFi dan download lagi menggunakan Jaringan Seluler.

Cara keempat :
Jika cara pertama sudah kamu lakukan dan tidak membuahkan hasil, Coba kamu lakukan lagi tapi kali ini dengan Google Framework Services.

Cara kelima :
Coba kamu hapus Akun Google kamu, Setelah itu kamu reboot smartphone kamu. Jika sudah silahkan masuk ke Google Play Store lagi lalu masuka Akun Google yang tadi kamu hapus.

Semoga Bermanfaat~

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.