5 Perbedaan Xiaomi Mi A2 dengan Versi Terdahulunya (Mi A1)

0
293

Seiring dengan perkembangan zaman, perkembangan teknologi pun terus berkembang. seperti halnya dengan smartphone Xiaomi ini. Terlebih untuk Mi A Series ini, cukup unik juga karena Xiaomi pertama kalinya bekerjasama dengan Google dalam projek AndroidOne. Sehingga terciptalah Xiaomi Mi A1 dan Mi A2.

Dapat kita ketahui bahwa smartphone Xiaomi juga identik dengan OS buatannya yaitu MIUI. Dengan adanya Mi A series ini, konsumen punya lebih banyak pilihan smartphone Xiaomi yang beragam. Jika tidak terlalu suka dengan gaya tampilan yang “rame” dari MIUI, maka pilihan Mi A Series dengan AndroidOne lah yang lebih cocok buat Kamu.

1. Prosesor

Perbedaan pertama antara Xiaomi Mi A2 dengan pendahulunya yakni terletak pada sektor prosesornya. Untuk Mi A2, sudah menggunakan prosesor kekinian yang jauh diatas Mi A1, yaitu Qualcomm® Snapdragon™ 660 dengan AIE (Artificial Intelligent Engine) pula. Sedangkan pada Mi A1 menggunakan prosesor keren di masanya yakni Qualcomm® Snapdragon™ 625.

Jika di tahun 2017 kemarin prosesor Snapdragon 625 merupakan prosesor terbaik di kelasnya (MID-End), sekarang sudah digantikan dengan seri terbarunya yaitu seri Snapdragon 660 dengan Artificial Intelligent Engine yang menjadi prosesor terbaik di kelasnya saat ini (MID-END).

2. Rasio Layar

Dapat diketahui untuk Xiaomi Mi A1 memiliki ukuran layar 16:9 dengan rasio layar 5,5” 1920 x 1080 FHD, 450nit brightness, kerapatan 403 PPI dan 1000: 1 rasio kontras. Dan untuk Mi A2 sendiri sudah mempunyai ukuran layar 18:9 dengan rasio layar 5,99” 2160×1080 FHD+, kerapatan 403 PPI dan 1500:1 rasio kontras.

Ukuran layar pastinya lebih luas dan puas di Mi A2 dengan perbandingan 18:9 5,99” FHD+. Gak tau deh selera Kamu yang mana? Lebih suka 18:9 atau masih suka dengan yang 16:9. Tulis dikolom komentar ya!

3. Resolusi Kamera

Disektor resolusi kamera pun terlihat perbedaan jelas antara kedua generasi smartphone ini. Kamera belakang pada Mi A1 memiliki resolusi dual camera 12 MP + 12 MP Telephoto dan kamera depan beresolusi 5 MP.

Pada Mi A2 Resolusi kamera belakang mengalami peningkatan dari generasi sebelumnya. 12MP SONY IMX486; 1.25μm pixels, apertur f/1.75 + 20MP SONY IMX376; 4-in-1 pixel binning technique, 2.0μm pixelsapertur f/1.75 dual camera.

Dan Kamera depannya beresolusi: 20MP, SONY IMX376; 4-in-1 Super Pixel based on pixel binning, 2.0μm pixels; large f/2.2 aperture. Besar banget bukan ukuran resolusi kamera Mi A2 ini? Pihak Xiaomi mungkin ingin lebih memfokuskan di sektor kamera. Sehingga kekurangan yang terdapat pada generasi sebelumnya dapat tertutupi.

4. Desain Body

Bisa dilihat desain body dari kedua smartphone ini terdapat sedikit perbedaan. Contohnya yang pertama ada di posisi kamera belakang. Di Mi A1 posisi kamera belakang horizontal kesamping sedangkan untuk Mi A2 Vertikal kebawah.

Xiaomi Mi A1
Xiaomi Mi A2

Tidak masalah, karena ketika zaman semakin berkembang tentunya ide – ide inovasi terus bermunculan.

Dan juga di Xiaomi Mi A2 sudah tidak terdapat headphone jack. Wow Kamu kaget juga tidak? Perbedaan yang signifikan ini tentunya membuat Saya pastinya kebingungan bagaimana caranya agar bisa menggunakan headset jika tidak ada jack audionya. Setelah ditelusuri ternyata, Xiaomi memberikan Type-C to Audio adapter untuk kita yang ingin menggunakan headphone / headset kita.

Baca juga:  Asus Zenfone Max Pro M1, Perusak Harga Pasar Berikutnya?

5. Kapasitas Baterai

Sebenarnya ketika membahas kapasitas baterai diantara kedua smartphone ini mungkin tidak akan terlalu berpengaruh pada saat penggunaan sehari – hari nantinya. Karena perbedaan kapasitas baterai diantara keduanya sangatlah tipis sekali.

Jika kita lihat dari penjelasan di website resmi dari Xiaomi, Mi A1 memiliki kapasitas baterai sebesar 3080mAh sedangkan untuk Mi A2 didukung dengan kapasitas baterai 3010mAh saja.

Kapasitas Baterai Xiaomi Mi A1
Kapasitas Baterai Xiaomi Mi A2

Selain perbedaan yang telah disebutkan diatas diantara kedua smartphone ini, masih ada perbedaan yang tidak bisa dipandang sebelah mata juga loh sobat HobyBaca.Com ! Mau tau apa?

Ternyata Xiaomi Mi A2 tidak memiliki slot memori eksternal untuk memperluas kapasitas penyimpanan memori. Jika di Mi A1 terdapat 3-choose-2 atau terdapat 3 slot namun hanya bisa digunakan maksimal 2 slot. Misal untuk 2 kartu sim atau 1 kartu sim (nano) dan 1 kartu microSD memori eksternal.

Jadi pemilihan varian memori internal sesuai kebutuhan sangatlah penting di Mi A2 mengingat kita sudah tidak dapat lagi memperluas memori penyimpanan smartphone kita nantinya.

Baca juga:  IPhonemu Asli Atau Palsu? Cek IMEI Dengan 6 Langkah Mudah

Oh ya, Xiaomi Mi A2 punya beberapa varian memori RAM + Internal yakni 4+32GB / 4+64GB / 6+128GB. Tentukan pilihan mu ya!

HARGA

Hingga saat ini Xiaomi Mi A2 masih belum resmi masuk di Indonesia, sehingga masalah harga masih belum dapat dipastikan. Untuk versi global harganya berkisar antara 5 jutaan rupiah. Biasanya versi Xiaomi Indonesia harganya menjadi lebih murah. Mari kita tunggu saja kabar resmi dari pihak Xiaomi smartphone versi Mi A2 nya masuk di Indonesia. Semoga jadi lebih murah ya dari versi Global nya 😀

mohon maaf apabila terdapat kesalahan penulisan baik disengaja maupun tidak disengaja merupakan kesalahan pribadi dari penulis.

Terimakasih telah berkunjung dan sampai jumpa lagi!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.