Smartphone Ilegal atau BM Akan Diblokir?

0
136

Siapa yang masih belum mengenal alat komunikasi yang memiliki banyak fitur dan manfaat di dalamnya yaitu smartphone atau ponsel pintar? tentunya, sebagian besar dari pembaca artikel kali ini sudah mengetahuinya. Dan apakah maksud dari Smartphone Ilegal? Pada artikel ini akan dikupas lebih lanjut.

Namun, smartphone yang kita miliki nantinya kemungkinan tidak akan bisa menggunakan layanan internet dari provider simcard yang berada di Indonesia. Karena, pemerintah Indonesia melalui beberapa kementerian akan bekerja sama dengan provider simcard Indonesia dalam memblokir layanan internet yang berada pada smartphone ilegal alias nomor IMEI yang tidak teregistrasi secara resmi di database pemerintahan.

Sangat disayangkan jika suatu smartphone tidak bisa digunakan untuk berselancar ke dunia maya karena terblokirnya layanan jaringan internet yang disediakan oleh provider kartu sim di Indonesia. Rencananya, pemerintah akan bekerja sama dengan provider kartu sim di Indonesia untuk membantu memblokir layanan komunikasi.

Pengertian Smartphone Ilegal atau Black Market di Indonesia

Smartphone ilegal di Indonesia memiliki arti yaitu perangkat smartphone yang nomor IMEI (International Mobile Equipment Identity) nya tidak terdaftar dan tercatat secara resmi pada database pemerintah Indonesia. Baik nomor IMEI yang tidak terdaftar, hasil kloning atau memang tidak terdapat nomor IMEI disuatu smartphone maka sudah disebut dengan ilegal.

Baca juga:  Vivo V9 6GB, Spesifikasi Yang Lebih Mantap Dari Pendahulunya

Suatu smartphone dikatakan resmi berada di Indonesia ketika nomor IMEI nya terdaftar dalam database Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Alias, smartphone resmi atau legal telah melalui serangkaian kebijakan dari pemerintah seperti telah membayar pajak smartphone, pajak pertambahan nilai dan kebijakan lainnya yang berlaku di Indonesia.

Mengapa Harus Ada Pemblokiran Pada Smartphone Ilegal?

Negara akan dirugikan ketika tidak memperoleh pemasukkan ke kas Negara dari smartphone yang masuk ke Indonesia. Tentunya selama ini, smartphone resmi di Indonesia telah menyelesaikan segala administrasi dari regulasi yang ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia. Kebijakan tersebut seperti pajak dan pajak pertambahan nilai.

Screenshot dari website http://www.kemenperin.go.id

Menurut situs http://www.kemenperin.go.id , Negara mengalami kerugian akibat ponsel ilegal yaitu sekitar 35 Triliun rupiah. Jumlah ponsel atau smartphone ilegal yang berada di Indonesia yakni berkisar antara 20% – 30% dari total sekitar 500 juta unit smartphone. Diantaranya ponsel atau smartphone yang nomornya aktif digunakan berkisar 250 juta unit. Dan dari jumlah tersebut, kata Mendag, 20-30% atau sekitar 70 juta unit ponsel tidak terdaftar nomor IMEI-nya.

Apabila diasumsikan biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan IMEI ialah Rp500.000, maka terdapat sekitar Rp35 triliun potensi pendapatan yang gagal masuk ke kas negara. Dan hal tersebut belum termasuk pajak pertambahan nilai sebesar 10%.

Baca juga:  5 Perbedaan Xiaomi Mi A2 dengan Versi Terdahulunya (Mi A1)

Oleh karena menerima kerugian yang sangat besar, pemerintah berencana akan melakukan pemblokiran terhadap ponsel smartphone dengan IMEI yang unlegitimated atau yang ilegal, atau merupakan hasil kloning dan atau juga yang tidak terdapat nomor IMEI sama sekali. Akan tetapi, menurut Mendag, prosesnya tidak mudah dan harus dilakukan secara cermat dan bijak.

Pelaksanaan Pemblokiran Smartphone Ilegal. Dalam pelaksanaannya nanti, rencana pemerintah akan bekerja sama dengan pelaku industri telekomunikasi di Indonesia dan Ketua Umum Asosiasi Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) yang juga merupakan Direktur Utama Telkomsel, Alex Janangkih Sinaga menyatakan, pelaku industri telekomunikasi siap berkolaborasi dan akan berperan maksimal untuk mencapai tujuan yang telah disepakati bersama. Pihaknya juga siap memberikan data-data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan.

Bagaimana Mengetahui Suatu Smartphone Itu Ilegal?

Cara mengetahui suatu smartphone itu ilegal atau legal (resmi) yaitu:

Mengecek Nomor IMEI di Situs Resmi Kementerian Perdagangan

Smartphone Ilegal Tidak Ada IMEI
  1. Mengecek nomor IMEI yang ada di smartphone dengan cara mengetik dial *#06# lalu akan muncul device information yang menerangkan nomor IMEI. Apabila smartphone Kamu dual sim, maka akan muncul 2 nomor IMEI.
  2. Silahkan copy dan cek nomor IMEI smarthone Kamu di laman http://www.kemenperin.go.id/imei/
  3. Jika nomor IMEI Kamu tidak ada atau tidak terdaftar dalam website tersebut maka kemungkinan besar smartphone Kamu Ilegal.
Baca juga:  Ayo Lirik Rekomendasi 4 Power Bank Mantap 2018 Versi HobyBaca

Smartphone yang dibeli sendiri dari luar negeri umumnya tidak terdaftar nomor IMEI nya. Sehingga apabila IMEI tidak terdaftar, maka smartphone tersebut dapat disebut dengan smartphone ilegal. Dan berdampak pada pemblokiran jaringan komunikasi internet.

Dimana Bisa Beli Smartphone Resmi?

Terdapat banyak toko atau gerai resmi yang beredar di Indonesia, salah satunya:

  1. Erafone
  2. Mi Store (Xiaomi)
  3. Ibox (produk Apple) Authorized reseller
  4. Vivo Store
  5. Samsung Store (Authorized)
  6. Global Teleshop
  7. Dan lain sebagainya

Dan untuk penanda lainnya, biasanya bergaransi resmi TAM untuk beberapa smartphone, SEIN untuk samsung dan lain-lain.

Dampak Yang Terjadi Ketika Smartphone Diblokir?

Tentunya dampak yang akan diterima pengguna smartphone ilegal nya yakni tidak dapat mengakses dan menggunakan layanan jaringan internet. Selebihnya untuk fitur lainnya masih bisa digunakan. Contohnya kamera, menonton video, menginstall aplikasi, dan lain sebagainya.

Demikian penjelasan artikel mengenai smartphone ilegal, apabila terdapat kesalahan kata, makna mohon koreksi Admin dengan segera. Terima kasih dan sampai jumpa lagi.

BAGIKAN
Berita sebelumya4 Cara Efektif Mengatasi Android Bootloop Tanpa PC
Apabila terdapat kesalahan yang pernah Saya lakukan baik dengan sengaja maupun tidak sengaja dengan kerendahan hati Saya mohon maaf sebesar-besarnya. Founder di MTBlog

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.