Opini

Mengenal Lebih Jauh Apa Itu VOOC Flash Charge

Teknologi pengisian daya baterai smartphone cepat asal negeri tirai bambu yakni VOOC Flash Charge berhasil membuat penggunanya terkagum-kagum karena fitur yang ditawarkan sangat membantu dalam pengisian daya baterai pada smartphone mereka.

Teknologi pengisian daya cepat smartphone VOOC Flash Charge atau (Voltage Open Loop Multistep Constant-Current Charging) diprakarsai oleh salah satu raksasa smartphone dunia, Oppo Smartphone. Alih-alih meningkatkan voltase tegangan listrik pada chargernya, Oppo pada VOOC 3.0 malah mengandalkan arus yang lebih tinggi agar memaksimalkan efisiensi pengisian daya baterai, untuk menjadi lebih baik dari versi sebelumnya.

Indikasi Fitur VOOC Flash Charge Aktif atau Bekerja

Cukup mudah untuk mengidentifikasi suatu smartphone memiliki fitur VOOC Flash Charge, perlu diketahui VOOC Flash Charge merupakan teknologi yang diciptakan oleh perusahaan Oppo sehingga smartphone yang dapat menikmati fitur ini antara lain Oppo Smartphone dan Realme Smartphone.

Baca juga:  Apa Itu SBMPTN? Pengertian Tujuan Dan Manfaat SBMPTN

Untuk mengetahui smartphone Anda memiliki fitur VOOC Flash Charge, biasanya dengan mudah ditemukan pada informasi penjualan smartphone tersebut, atau dapat ditemukan pada beberapa tempat berikut ini.

1. Terlihat Pada Charger Bawaan

Terlihat tulisan VOOC atau Super VOOC pada kepala charger, mengindikasikan bahwa smartphone Anda mendukung fitur pengisian daya cepat VOOC Flash Charge.

2. Terlihat Pada Tampilan Layar Saat Mencharge Smartphone

Contohnya seperti gambar di bawah ini

 

Apakah VOOC Flash Charge Aman?

Dilansir dari https://oppo-id.custhelp.com, teknologi ini sangat aman karena telah menggunakan 5 tingkatan lapisan perlindungan dari port adaptor ke port pada bagian dalam smartphone.

Dan Ini 5 Lapisan / Tingkatan Sirkuit Pelindung Pada Teknologi VOOC Flash Charge

1. Yang Kesatu: Terdapat rangkaian pelindung pada adaptor. Sehingga meminimalisir adanya tegangan tinggi yang dihasilkan walaupun sirkuit internal rusak.

2. Yang kedua: Terdapat chip pada ujung adaptor untuk mengetahui kondisi pengisian. Ketika perangkat Anda sedang terisi, chip akan mendeteksi tegangan dan arus memastikannnya aman sebelum memungkinkan Anda untuk melakukan pengisian daya pada daya lampu kilat.

Baca juga:  Rekomendasi 5 Smartphone Android Murah Dibawah 3 Juta Februari 2018

3. Yang ketiga: Sakelar listrik pada ujung konektor akan membuat penilaian kedua. Cukup aman untuk mengisi daya dengan chip MCU.

4. Yang keempat: Ada perlindungan arus yang terlalu besar pada ujung ponsel, yang merupakan satu-satunya ukuran perlindungan dari sebagian besar teknologi pengisian daya.

5. Yang kelima: Perlindungan sekering tegangan pada ujung ponsel.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button