Mari Memahami Perbedaan HDD, Apa itu SSD dan SSHD Beserta Kelebihan Kekurangannya

0
58
SSD

Media penyimpanan data baik itu berupa SSD, HDD ataupun SSHD merupakan salah satu komponen yang sangat penting bagi perangkat komputer PC maupun Laptop. Pada artikel kali ini, berkesempatan akan membahas pengertian dari HDD, SSD dan juga SSHD. Langsung saja, mari simak pembahasan lebih lanjutnya.

HDD / Hard Disk Drive

Hard Disk Drive / HDD

HDD atau Hard Disk Drive merupakan media penyimpanan data yang paling umum digunakan. Walaupun dengan keberadaan SSD saat ini yang memiliki kemampuan lebih baik dari segi read & write dan durability nya sehingga keberadaan HDD mulai dikesampingkan. Tapi tidak perlu risau, salah satu pertimbangan untuk tetap menggunakan HDD yakni dapat memperoleh storage yang lebih besar dengan harga yang lebih murah dibandingkan SSD.

HDD memiliki beberapa komponen utama penyusunnya, 4 komponen utama HDD diantaranya:

  1. Piringan tipis atau cakram yang biasanya berbahan alumunium, kaca ataupun keramik yang memiliki permukaan bersifat magnetik berfungsi untuk menyimpan data pengguna.
  2. Kemudian terdapat spindel, yakni komponen harddisk yang berbentuk seperti poros berfungsi sebagai tempat piringan tipis dan menjaganya agar tidak berpindah posisi.
  3. Read & Write Head, berfungsi sebagai pembaca data yang ada pada piringan tipis / cakram. Letaknya berada di atas piringan tipis/cakram dan juga agak berjarak untuk menghindari HDD cepat rusak.
  4. Aktuator, adalah lengan yang berfungsi untuk menggerakkan komponen HDD yakni read & write Head. Biasanya terbuat dari logam yang kuat namun ringan bertujuan mempermudah pergerakkannya.
Baca juga:  Makanan yang Dapat Mengurangi Berat Badan dengan Aman

Pada Hard Disk terkenal pula dengan istilah RPM, Revolutions per Minute atau rotasi per menit. Dan RPM yang umum digunakan untuk desktop adalah 5400 RPM & 7200 RPM. Ada pula HDD yang memiliki 15000 RPM. Semakin tinggi RPM nya maka akan semakin cepat kemampuan HDD melakukan transfer file-nya. Dikatakan HDD 5400 RPM kecepatan transfer filenya sekitar 100 MB/s dan yang 7200 RPM 120 MB/s. Namun, HDD 5400 RPM lebih hemat daya dibanding HDD 7200 RPM.

HDD memiliki beberapa ukuran, seperti 3,5″ (Inci) biasa untuk PC/komputer dan HDD Internal 2,5″ (Inci) untuk laptop. Ukuran storage nya pun bervariasi, ada yang 340 GB, 500 GB, 1 TB bahkan ada yang 10 TB.

SSD

Solid State Drive / SSD

Apa itu SSD ? Solid State Drive atau SSD adalah media penyimpanan file data tahap selanjutnya yang lebih modern untuk PC Desktop / Laptop. Fungsi SSD dapat menggantikan Hard Disk dengan menggunakan teknologi chip memori berbasis flash, yang lebih cepat secara signifikan.

Transfer data pada penyimpanan Hard Disk yang lebih lambat kerap kali membuat PC Desktop / Laptop Kamu berjalan lebih lambat dari yang semestinya. SSD dapat mempercepat komputer secara signifikan karena waktu akses baca yang rendah dan read & write yang lebih cepat. Ini semua yang perlu Kamu ketahui.

Baca juga:  Utamakan SEO atau Kualitas Konten?

SSD tersusun atas memori NAND flash basic-nya tidak ada bagian yang bergerak seperti cakram magnetik pada HDD. Sehingga lebih aman dari guncangan ketika laptop sering dibawa kemana-mana dan tentunya memiliki akses data yang lebih cepat.

Interface dari SSD itu sendiri ada beragam macamnya, seperti SATA, mSATA, PCIe, M.2 SATA, M.2 NVMe, dan lain sebagainya.

Kelebihan SSD dibanding HDD yakni memiliki kecepatan transfer data yang lebih cepat, kecepatan transfer data HDD berkisar antara 80 MB/s hingga 120 MB/s sedangkan SSD 2,5″ (SATA 3) yang notabene SSD bentuk seperti HDD Laptop setidaknya memiliki kecepatan transfer data 400 MB/s (tergantung kualitas & merk, ada yang +500Mb/s).

Sedangkan SSD yang menggunakan interface M.2 NVMe memiliki kecepatan transfer data hingga 3000MB/s, 6x lipat dibanding SSD SATA biasa.

Keuntungan menggunakan SSD setidaknya dapat membuat booting operating system dan kecepatan buka tutup aplikasi yang lebih cepat. Dan mendapatkan kecepatan transfer data yang jauh lebih cepat dibanding HDD. Dan juga menggunakan sedikit watt dibanding HDD. Masalah bagi sebagian orang mungkin dari segi harga yang lumayan jauh dari HDD.

Solid State Hybrid Drive / SSHD

SSHD FireCuda via Seagate.com

SSHD atau Solid State Hybrid Drive merupakan kombinasi antara HDD dan SSD. Sehingga performanya lebih baik dari HDD biasa, namun masih dibawah SSD dalam masalah kecepatan transfer data. Kecepatan transfer data-nya hampir mirip – mirip dengan HDD biasa yakni up to 140MB/s.

Baca juga:  Google+ pribadi akan dihentikan pada tanggal 2 April 2019

Drive ini dapat mempelajari aplikasi mana yang sering digunakan untuk mengatur waktu load yang lebih cepat dan juga memiliki kinerja yang lebih baik, aplikasi tersebut disimpan di penyimpanan Solid-state. Sehingga, SSHD dapat juga membuat booting laptop Kamu lebih cepat namun masih tertinggal dari SSD dalam segi hal kecepatan kinerja transfer data.

Namun, SSHD masih berisiko terhadap guncangan karena didalamnya terdapat komponen yang bergerak berupa piringan tipis / cakram. Kamu bisa menggunakan SSHD sebagai solusi utama sebagai penyimpanan data dan menghemat pengeluaran. SSHD memberikan pengalaman seperti kapasitas penyimpanan seperti HDD dan kinerja kerja hampir seperti SSD.

Kesimpulannya, masing – masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. HDD dapat diperoleh dengan harga yang lebih murah dan juga kapasitas yang lebih besar, namun rawan terhadap guncangan karena terdapat komponen yang bergerak berupa cakram dan memiliki kecepatan transfer data berkisar antara 80 – 120 MB/s.

Sedangkan SSD memiliki kecepatan transfer data yang lebih cepat yakni minimal -+400MB/s (SATA 3), tidak ada komponen yang bergerak didalamnya, konsumsi watt lebih kecil. Namun memiliki harga yang lebih mahal dibanding HDD konvensional.

- Advertisement -

BERIKAN KOMENTAR

Tolong masukan komentar kamu
Tolong masukan nama kamu

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.