5 Langkah Efektif Mengatasi Writer Block

0
204

Pernahkan anda mengalami saat-saat dimana anda tidak dapat berfikir sama sekali? Maksudnya disini adalah anda kehabisan ide untuk menulis, Anda menghabiskan waktu berjam-jam didepan Laptop atau Komputer tapi anda belum juga mendapatkan ide. Seberapapun kerasnya anda berusaha, Tetap saja kemampuan menulis anda hilang seketika.

Inilah Writer Block, Dimana saat anda sedang tidak bisa berfikir untuk menulis apa. Untuk penulis yang sudah berpengalaman mungkin hal ini bisa diatasi dengan mudah, Lalu bagaimana dengan penulis yang belum berpengalaman?

Cara Mengatasi Writer Block

Beberapa penulis mungkin memaksakan diri untuk menulis ketika sedang terjebak Writer Block, Namun hasil yang diingkan menurun kualitasnya, Atau tulisan tidak kunjung selesai jika anda meneruskan memaksakan diri untuk menulis. Alhasil tulisan anda tidak selesai dan berakhir di Draft. Disarankan untuk anda tidak memaksakan diri jika sedang terjebak Writer Block, Mungkin anda bisa melakukan beberapa tips dibawah ini agar anda keluar dari Writer Block.

Baca juga:  Cara Membersihkan Jamur di Jas Hujan agar Kembali seperti Baru

1. Berhenti menulis beberapa saat
Mungkin ini cara yang mudah anda lakukan, Anda hanya perlu istirahatkan sejenak pikiran anda. Saya tahu bahwa anda ingin sekali menjadi Penulis Profesional, Dan berusaha keras untuk menciptakan tulisan yang bagus atau meningkatkan kemampuan menulis anda.

Ada saat dimana anda mendapatkan hambatan yaitu kesulitan untuk menulis, Bahkan untuk menghasilkan tulisan sederhanapun anda kebingungan, Dan anda merasa tulisan anda tidak sebagus yang sebelumnya.

Jika anda merasakan seperti itu, Anda tidak perlu Khawatir. Anda bisa istirahatkan sejenak pikiran anda, Saya tau bahwa menciptakan tulisan yang bagus butuh kerja keras. Namun jika anda terlalu bekerja keras, Pikiran anda lama kelamaan menjadi lelah.

Cobalah anda sejenak melupakan aktivitas menulis, Cari aktivitas yang bisa membuat pikiran anda menjadi segar kembali. Misalnya bermain musik, mendengarkan musik, bermain game di handphone atau laptop anda. Percayalah semua akan berjalan normal seperti biasanya.

Baca juga:  Redmi 7, Harga 1 Jutaan Dengan Spek Gahar!!!

Mengatasi Writer’s Block

2. Berekspektasi Terlalu Tinggi
Semua yang ada didunia ini butuh Proses, Tidak ada yang Instant. Bahkan jika anda membeli mie instant pun perlu Proses, Seperti memasak, Menaburkan bumbu pada piring, dan seterusnya.

Jika anda ingin menjadi penulis Profesional, Mulailah dari hal-hal yang sederhana misalnya menulis artikel, menulis pengalaman pribadi, menulis cerita pendek, dan barulah anda berekspektasi membuat novel.

Kenapa? Karena kesalahan terbesar penulis pemula adalah ingin langsung menciptakan karya yang bagus. Padahal belum apa-apa, Seperti yang saya ucapkan tadi bahwa semua butuh Proses.

Writer Block adalah hal yang wajar terjadi kepada penulis pemula karena tidak adanya pengalaman menulis, Dan anda langsung mengekspetasi membuat sesuatu yang mengesankan para pembaca.

3. Terlalu Ambisius
Banyak penulis yang memiliki ide sangat banyak, Akhirnya mereka menulis semua idenya. Dari ide satu ke ide yang lain, Padahal ide yang satunya saja belum selesai ditulis. Alhasil semua tulisan itu tidak akan pernah selesai dan berakhir di draft.

Baca juga:  Ada yang Baru Nih! Realme 2 Pro Indonesia

Cara mengatasi ini sangatlah mudah anda hanya perlu fokus menulis satu ide, Jika anda tidak fokus pada satu ide anda akan mengalami Writer Block dikarenakan ketika anda menulis ide ini anda akan terpikir ide yang lainnya.

4. Membaca
Aktivitas yang selalu mengikuti kegiatan menulis adalah membaca, Bagaimana bisa anda jadi penulis profesional jika anda tidak membaca karya penulis profesional lainnya.

Membaca karya orang lain membuat anda terinspirasi untuk menulis, Sehingga anda dapat menemukan ide-ide baru dengan sangat mudah.

5. Membuat Kerangka Karangan
Saya sarankan untuk penulis profesional maupun penulis pemula, Jika anda ingin menulis sesuatu buatlah kerangka karangan.

Dengan membuat kerangka karangan bisa membuat anda mengingat poin-poin apa saja yang belum ditulis, Dan kerangka karanganpun dapat membantu anda agar tidak melenceng dari ide anda terlalu jauh.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.