Apa itu Polsuspas? Pengertian, Tugas, dan Gaji Polsuspas

0
13

Apa Itu Polsuspas?

Polsuspas atau Polisi Khusus Pemasyarakatan dulunya sering kali disebut dengan istilah sipir/penjaga tahanan.

Sipir Penjara termasuk dalam instansi apa?

Merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (KEMENKUMHAM) Republik Indonesia. Merupakan Korps Polisi Khusus (special police) yang memiliki tugas bertanggung jawab terhadap keamanan, keselamatan, pengawasan dan pembinaan tahanan dan narapidana.

Bukan merupakan anggota Kepolisian Republik Indonesia (POLRI), namun Anggota Polsuspas akan memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA) sebagai anggota Polsuspas. Berisi informasi identitas dan juga Pasfoto yang bersangkutan. Disertai Peraturan perundangan yang ditegakkannya serta mendapat lisensi kemampuan menggunakan senjata api yang dikeluarkan oleh Mabes Polri.

Anggota Polsuspas akan menerima pelatihan dan pendidikan secara semi-militer. Seperti kemampuan fisik dan beladiri, kemampuan menggunakan senjata api dan lain sebagainya. Polsuspas dapat ditugaskan di berbagai Instansi Kementerian Hukum dan HAM seperti LAPAS (Lembaga Pemasyarakatan), RUTAN (Rumah Tahanan), RUPBASAN (Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara) dan BAPAS (Balai Pemasyarakatan).

Baca juga:  Linux Mint, Tampilan Mirip Windows Cocok Untuk Pemula

Tugas

Bertanggung jawab sebagai tunas pengayoman. yakni bertugas melakukan penjagaan, pengawasan, pemeriksaan serta pembinaan terhadap tahanan/narapidana di lingkup Kementerian Hukum dan HAM RI.

Salah satu peraturan yang mengatur tentang Polisi Khusus yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2012. Tentang tata cara pelaksanaan Koordinasi, Pengawasan, dan Pembinaan Teknis terhadap Kepolisian Khusus, Penyidik Pegawai Negeri Sipil, dan bentuk-bentuk pengamanan swakarsa serta penjelasan tentang Polsus dan Tupoksi dari Kepolisian Khusus, dimana Polsus merupakan instansi dan/atau Badan Pemerintah yang oleh atau atas kuasa undang-undang diberi wewenang untuk melaksanakan fungsi kepolisian di bidang teknisnya masing-masing. Hal ini termasuk Polsuspas (Polisi Khusus Pemasyarakatan).

Memiliki fungsi melaksanakan fungsi kepolisian khusus dan terbatas dalam rangka penegakan peraturan perundang-undangan di bidang masing-masing. melaksanakan tugas pengamanan, pencegahan, penangkalan, & penindakan nonyustisiil sesuai dengan bidang teknisnya masing-masing yang diatur dalam perundang-undangan yang menjadi dasar hukumnya.

Baca juga:  Apa Itu QUICK CHARGE 3.0 dan Fast Charging Apakah Perbedaan Keduanya?

Dalam menjalankan tugas, Polsuspas dapat dipersenjatai seperti pistol guna menjaga keamanan. Harus melalui seleksi yang ketat seperti pemeriksaan kesehatan, kejiwaan dan juga keterampilan.

Berapa Gaji Sipir Polsuspas Lulusan SMA?

Ijazah yang diperlukan ketika mendaftar CPNS Kemenkumham Jabatan Penjaga Tahanan KEMENKUMHAM RI ialah SLTA sederajat. Melampirkan ijazah SMA sebagai salah satu syarat pendaftaran.

Berdasarkan peraturan BKN atau Badan Kepegawaian Negara Nomor 14 Tahun 2018 mengenai Petunjuk Teknis Pengadaan Pegawai Negeri Sipil, pelamar yang mendaftar CPNS dengan kualifikasi pendidikan SLTA sederajat salah satunya Polsuspas / Penjaga Tahanan yang menggunakan ijazah SMA. Ketika lolos seleksi maka akan diangkat menjadi Calon PNS yang dimulai dengan golongan II A.

Gaji Pokok

Gaji pokok PNS Sipir / Polsuspas yang bergolongan II A menurut Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2019 tentang besaran gaji pokok PNS, yaitu:

Pada masa kerja

golongan 0 Tahun sebesar Rp2.022.200,-

Baca juga:  Makanan yang Dapat Mengurangi Berat Badan dengan Aman

Pada masa kerja golongan 1 Tahun sebesar Rp2.054.100,-

Pada masa kerja golongan 3 Tahun sebesar Rp2.118.800,-

Gaji Pokok PNS dalam Peraturan Pemerintah RI Nomor 15 Tahun 2019

Gaji Tunjangan Kinerja

PNS Polsuspas Penjaga Tahanan mendapat gaji tunjangan kinerja sebagaimana yang diatur dalam peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 33 Tahun 2017 yang dimana besaran gaji tunjangan diatur sesuai kelas jabatannya. Untuk Penjaga Tahanan kelas jabatan 5 dengan nilai sebesar Rp3.134.250,-.

Gaji lainnya

Selain 2 gaji pokok dan tunjangan kinerja di atas, terdapat gaji tambahan salah satunya berupa tunjangan uang makan yang diatur dalam peraturan Menteri Keuangan Nomor 78 tahun 2017, PNS Polsuspas dengan golongan II A nilai sebesar Rp35.000,- per hari nya.

Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan informasi baik disengaja maupun tidak disengaja, Saya memohon maaf sebesar-besarnya.

Referensi:

http://lppsungguminasa.kemenkumham.go.id/profil/sejarah?view=article&id=366

https://kaltim.kemenkumham.go.id/berita-kanwil/berita-utama/2500-perkuat-tugas-dan-fungsi-kepolisian-khusus-pemasyarakatan-melalui-supervisi-korbinmas-baharkam-polri

- Advertisement -

BERIKAN KOMENTAR

Tolong masukan komentar kamu
Tolong masukan nama kamu

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.