Apa itu NPWP? Dan Syarat-syarat Membuat NPWP

0
548

Salah satu kewajiban sebagai Warga Negara indonesia adalah dengan membayar Pajak, Setiap Satu keluarga yang tinggal dan bekerja di indonesia wajib memiliki NPWP. Dimana NPWP ini hanya diwajibkan untuk yang memiliki penghasilan diatas penghasilan tidak kena pajak. Agar lebih jelasnya Simak penjelasan berikut :

Apa itu NPWP?

NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) adalah Nomor yang diberikan kepada orang yang berpengasilan diatas tidak kena pajak agar mempermudah administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan.

Pada umunya nomor NPWP terdiri dari 15 Digit, 9 Digit pertama adalah Kode Wajib Pajak dan 6 Digit sisanya adalah Kode Administrasi. Setiap orang hanya diberi satu NPWP.

Selain NPWP, Ada juga NPPKP yang digunakan oleh pengusaha. NPPKP atau Nomor pengukuhan pengusaha kena pajak adalah nomor yang harus dimiliki oleh setiap pengusaha, Hal ini bedasarkan UU PPN dikenakan pajak, Wajib melaporkan usahanya kepada Kantor Direktorak Jenderal Pajak untuk dikukukan sebagai PKP (Pengusaha Kena Pajak).

Baca juga:  Saham adalah Instrumen Investasi Terbaik dan Paling Menguntungkan. Mau Tau?

Masih banyak sekali rakyat Indonesia yang tidak mengerti tentang NPWP, Terutama di Pedesaan karena kurangnya Sosialisasi dari pemerintah.

Tidak sedikit pula yang berfikir “Untuk apa sih NPWP? Memang funsinya untuk apa?” Fungsi dari NPWP ini sendiri sangatlah banyak, Diantaranya adalah Sarana dalam Administrasi Perpajakan, Identitas Wajib Pajak, Pengawasan Administrasi Perpajakan, Dan masih banyak lagi.

Jenis Jenis NPWP

NPWP terbagi dalam 3 Jenis, Berikut jenisnya :

  1. NPWP Karyawan
    Jika anda berstatus sebagai Karyawan, Baik itu karyawan Lokal, Nasional, Maupun Internasional. Anda diwajibkan untuk membuat NPWP Karyawan, Karena NPWP Karyawan ini dikhususkan untuk anda yang berstatus Karyawan.
  2. NPWP Wiraswasta
    Jika anda berstatus sebagai Wiraswasta, Beda lagi jenis NPWP nya. Ingat anda harus bedakan NPWP karyawan dengan NPWP Wiraswasta. Pada NPWP Wiraswasta ini, Ditunjukan untuk orang yang memiliki Usaha sendiri.
  3. NPWP Orang yang sudah menikah
    Jika anda sudah menikah, Anda wajib melaporkan berapa tanggungan keluarga anda seperti Anak dan istri anda.
Baca juga:  Ini Konsep Queue pada Struktur Data

Syarat-Syarat membuat NPWP

Setiap jenis NPWP memiliki Syarat-syarat yang berbeda, Untuk NPWP Pribadi Diwajibkan jika anda telah memiliki penghasilan selama satu tahun yang melebihi PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak). Hal ini berlaku untuk anda yang belum menikah maupun yang sudah menikah. Untuk wanita kawin tidak melakukan perjanjian pisah harta dengan suaminya, Tidak wajib memiliki NPWP.

NPWP Wiraswasta diwajibkan jika anda mempunyai Usaha sendiri atau masuk kedalam Golongan Wiraswasta. NPWP berjenis Wiraswasta bisa kamu dapatkan dengan mendatangi Kantor Terkait dan tidak bisa diwakilkan. Kamu datang kekantor harus membawa KTP (Kartu Tanda Penduduk), Fotokopi SKU (Surat Keterangan Usaha) dari kelurahan, Mengisi Formulir pernyataan usaha. Sebagai syarat untuk membuat NPWP Wiraswasta, Dan juga kamu harus mengisi Formulir yang ada dikantor pajak.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.