Rumah Singgah Lombok Backpacker : Penginapan Gratis Tanpa Syarat

0
265
Rumah Singgah Lombok Backpacker

Rumah Singgah Lombok Backpacker adalah satu hal penting yang wajib diketahui para traveler yang hendak berlibur ke Lombok. Terutama, bagi anda yang ingin liburan ke Lombok dengan budget yang minimalis. Sebab, rumah singgah ini bisa anda tinggali secara gratis dan tanpa syarat apapun. Lokasinya pun berada di pusat kota sehingga sangat mudah dijangkau dari pemberhentian pertama sejak anda menginjakkan kaki di Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat ini. Penasaran mengenai informasi lengkap seputar rumah singgah ini? Simak ulasan di bawah ini.

Apa itu Rumah Singgah Lombok Backpacker?

Rumah Singgah Lombok Backpacker adalah sebutan untuk sebuah rumah yang beralamat di Jalan Bangil V No. 6 BTN, Taman Baru, Mataram. Rumah ini merupakan milik dari Bapak Ikhsan sekeluarga yang ingin memberikan kontribusi sebagai dukungan terhadap perkembangan potensi wisata di Pulau Lombok. Kontribusi tersebut berupa meminjamkan sebagian dari ruangan-ruangan yang ada di rumahnya untuk bisa ditinggali sementara oleh orang-orang yang sedang berlibur ke Lombok.

Rumah Singgah Lombok Backpacker 4

Apa yang dilakukan oleh keluarga Bapak Ikhsan ini sangatlah tidak umum. Mengingat, Lombok sebagai daerah wisata yang terkenal dengan pantainya yang masih perawan dan jauh dari jamahan tangan manusia tentu bisa dijadikan sebagai peluang usaha. Salah satu peluang yang banyak dimanfaatkan oleh penduduk sekitar adalah dengan menyewakan rumahnya pada para wisatawan. Namun, rumah singgah Bapak Ikhsan ini justru menggratiskan siapapun yang ingin menginap di situ tanpa melihat agama, ras, kewarganegaraan, dan hal-hal privat lainnya.

Baca juga:  Backpacker ke Gili Trawangan : Panduan Liburan Terlengkap 2018

Selayang Pandang Rumah Singgah Lombok Backpacker

Rumah Singgah Lombok Backpacker ini berbentuk rumah sederhana yang masih ditinggali oleh keluarga Bapak Ikhsan beserta keluarganya. Istrinya biasa dipanggil dengan sebutan “mamak” oleh para traveler yang menginap di situ. Sifat keluarga ini sangat ramah dan murah hati, meskipun mereka bisa dibilang belum mengenal siapapun yang hendak menginap di rumahnya. Bahkan, sering kali ada suguhan kopi khas Lombok yang juga gratis bagi siapapun yang sedang bercengkrama di rumah singgah ini.

Rumah Singgah Lombok Backpacker 3

Selain berperan sebagai rumah singgah yang digunakan orang untuk istirahat, rumah singgah ini juga dijadikan sebagai basecamp-nya para traveler. Jadi, jangan heran bila Rumah Singgah Lombok Backpacker ini sangat ramai bahkan jumlah orangnya bisa melebihi kapasitas orang yang bisa ditampung di dalam kamar yang tersedia. Secara keseluruhan, kamar yang bisa ditempati oleh para wisatawan secara gratis di sini ada 5 kamar. Ada juga 2 kamar mandi yang pastinya bersih, serta satu ruang tamu luas yang biasa digunakan para traveler untuk saling bercengkrama.

Baca juga:  Aplikasi Kamera Terbaik Untuk Android, Hasilkan Gambar Layaknya Fotografer

Rumah Singgah Lombok Backpacker 2

Transportasi ke Rumah Singgah Lombok Backpacker

Walaupun berada di pusat kota, lokasi rumah singgah ini tidak dilalui kendaraan umum. Jadi, anda harus mau sedikit ribet dengan oper-oper kendaran untuk menuju ke tempat ini. Rute pertama yang harus anda tahu adalah apabila anda memulai perjalanan dari bandara. Jadi, naiklah bis DAMRI yang selalu bisa ditemukan di bandara selama 24 jam. Bis DAMRI yang dipilih adalah yang jurusan Mandalika. Waktu tempuhnya tidak lama, yakni sekitar 45 menit saja dengan tarif bis di bawah 30.000 rupiah.

Sesampainya di Pool Mandalika, anda bisa menggunakan taxi atau ojek untuk langsung menuju ke alamat Rumah Singgah Lombok Backpacker. Jaraknya hanya 5 KM, sehingga harga argo taxi tak akan membuat kantong jebol. Memilih untuk naik ojek juga lebih murah. Anda tak perlu kuatir akan tidak nyaman dengan menggunakan ojek, sebab jalanan di Lombok rata-rata masih sangat lengang sehingga terjamin akan jauh dari kemacetan.

Baca juga:  Ini 5 Alasan Penting Kamu Harus Punya Kamera GoPro

Rute Kedua adalah apabila anda turun di Pelabuhan Lembar. Dari pelabuhan ini anda harus keluar dulu dengan berjalanan kaki sekitar 500 meter. Tujuannya adalah untuk mencari angkutan umum jurusan Cakranegara atau jurusan Mandalika. Sebab, 2 jurusan tersebutlah yang paling dekat dengan lokasi rumah singgah. Nah, sebaiknya anda segera mencari angkutan umum sebelum jam 5 sore. Sebab, angkutan umum di pelabuhan tidak beroperasi pada malam hari. Dari Cakranegara atau Mandalika, anda bisa naik ojek atau taxi menuju alamat Rumah Singgah Lombok Backpacker. So, semoga artikel ini memberikan informasi yang anda butuhkan ya. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.