Pantai Pink Lombok Timur : Pantai Terindah di Indonesia

0
91
pantai pink

Pantai Pink adalah sebutan untuk sebuah pantai yang berlokasi di Sekaroh, Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Pantai ini adalah destinasi wisata yang sangat patut untuk dikunjungi karena ia menyuguhkan pemandangan alam yang unik dan lain dari biasanya. Keunikannya terletak pada pasir pantai yang berwarna pink, di mana pantai di tempat lain umumnya memiliki pasir warna hitam, kuning, atau putih. Lokasi pantai berpasir merah muda ini juga tidak di pusat kota, sehingga suasananya masih lumayan sepi dibandingkan dengan pantai lainnya. Selain itu, jalan untuk menuju pantai masih sangat alami hingga anda masih bisa menemui monyet dan kera liar yang bergelantungan di pohon sepanjang jalan menuju pantai.

Transportasi Menuju Pantai Pink via Jalur Darat

pantai pink - jalur darat

Ada dua rute yang bisa anda gunakan untuk menuju pantai indah ini. Rute pertama adalah melalui jalur darat. Bila anda memulai perjalanan dari Mataram, ada 5 tempat yag harus anda ingat sebagai tanda yang akan membawa anda menuju Pantai Pink. Tempat pertama yang harus dituju dari Mataram adalah Kota Praya yang berada di Kabupaten Lombok Tengah. Sesampainya di Praya, cari lah jalan untuk menuju Kecamatan Keruak. Perlu diketahui, plank penunjuk jalan di Lombok ini sudah sangat lengkap, sehingga akan mudah untuk menemukan jalan walaupun anda belum pernah ke sana sebelumnya.

Baca juga:  Aplikasi Kamera Terbaik Untuk Android, Hasilkan Gambar Layaknya Fotografer

Ketika berada di Keruak, carilah SPBU Keruak, lalu lajukan kendaraan sekitar 100 meter dari SPBU. Di situ, anda akan menemui pertigaan, lalu pilihlah yang belok kanan. Jalan ini akan membawa anda pada tempat tanda keempat, yakni SMPN 1 Jerowaru. Pertigaan pertama dari sekolah tersebut, ambillah jalur yang ke kiri. Luruslah terus mengikuti jalan hingga anda menemui jalanan yang belum beraspal. Jalanan ini akan sedikit menghambat perjalanan anda, karena kedaraan otomatis tidak bisa melaju dengan kencang. Namun, ini memang satu-satunya jalan darat yang bisa membawa anda ke pantai. Nantinya, anda akan menemukan plank sederhana yang bertuliskan Pantai Pink dan ikutilah petunjuk tersebut hingga akhirnya sampai di destinasi yang anda inginkan.

pantai pink - plank

Perlu diketahui, bahwa tidak ada transportasi umum via darat baik angkot, bis, taxi, ataupun ojek yang memiliki rute melewati pantai terindah di Lombok Timur ini. Sebab, lokasinya benar-benar terpencil dan harus melewati hutan yang tidak dilengkapi dengan lampu jalan. Jalanannya pun masih sangat jelek, berupa tanah lempung berkerikil. Jadi, sebaiknya anda menyewa sepedah motor atau mobil bila sedang berlibur dengan banyak orang.

Baca juga:  Backpacker ke Gili Trawangan : Panduan Liburan Terlengkap 2018

Travelling ke Pantai Pink via Jalur Laut

Berkendara di jalanan yang tidak rata memang memiliki banyak kelemahan. Beberapa di antaranya, akan membuat badan menjadi lebih capek, pantat akan terasa lebih cepat panas, dan waktu tempuh otomatis tidak bisa singkat karena laju kendaraan harus pelan-pelan. Namun, sisi positifnya anda bisa menikmati keindahan alam hutan Lombok yang masih sangat asri dan jauh dari tangan jail manusia. Pepohonannya masih sangat rindang dan terdapat beberapa pohon buah-buahan yang membuat kera dan monyet nyaman tinggal di dalam hutan ini. Walaupun jumlahnya tidak banyak, namun monyet dan kera ini akan mudah dilihat dari jalan raya, karena mereka kerap berada di bagian pohon yang ada di tepi jalan.

Jika anda enggan menuju Pantai Pink via darat, anda bisa mencoba jalur lautnya. Dari Mataram, anda harus menuju Kecamatan Keruak untuk mencari Desa Tanjung Luar. Letak desa ini ada di ujung timur Keruak. Apabila anda telah berada di SPBU Keruak, ambillah jalan yang lurus, maka anda akan menemui Pelabuhan Sederhana Jual Beli Ikan. Di pelabuhan ini, anda bisa menyewa perahu dengan kapasitas 8-10 orang. Harga perahunya bervariasi mulai dari 400.000, tergantung kelihaian anda bernegosiasi. Nah, via jalur laut ini, anda akan diantar langsung ke pantai berpasir merah muda tersebut.

Baca juga:  Traveling Murah? Inilah Hal Yang Wajib Anda Perhatikan Sebelum Traveling

pantai pink - jalur laut

Sebetulnya, nama asli pantai ini adalah Pantai Tangsi, karena penduduk sekitar lebih sering menyebutnya Pantai Tangsi. Namun, karena pasirnya berwarna pink, maka banyak wisatawan yang menyebut warna pasirnya sebagai nama pantai ini. Jadilah tempat ini lebih dikenal dengan sebutan Pantai Pink. So, selamat menikmati liburan ya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.