Gunung Rinjani via Sembalun : Info Pendakian Terkini 2018

0
830

Gunung Rinjani via Sembalun adalah jalur pendakian yang paling banyak dipilih orang. Sebab, jalur ini tergolong paling mudah dibandingkan dua jalur lainnya yakni via Senaru dan Torean, di mana Torean adalah jalur paling ekstrimnya. Gunung Rinjani sendiri banyak dijadikan para pendaki sebagai salah satu gunung yang wajib bisa ditaklukkan, mengingat predikatnya sebagai gunung tertinggi kedua di Indonesia. Ketinggiannya adalah 3.726 mdpl dengan dominasi rute berupa savanna. Hal tersebutlah yang membuat jalur ini dikenal sebagai jalur panas, karena para pendaki akan lebih cepat merasa gerah akibat paparan sinar matahari.

Gunung Rinjani via Sembalun - Savanna

Rute Menuju Gunung Rinjani via Sembalun

Berhubung Gunung Rinjani via Sembalun adalah jalur favorit para pendaki karena tingkat kesulitan pendakiannya rendah, maka jangan kaget jika jalur ini sangat ramai digunakan para pendaki. Walaupun begitu, hingga saat ini masih belum ada transportasi umum yang bisa mengantar anda dari bandara langsung menuju Sembalun. Transortasi umum yang tersedia memang ada, namun harus oper-oper jika tujuan anda dari bandara adalah Sembalun.

Baca juga:  7 Tips Traveling Aman untuk Para Wanita

Transportasi umum pertama yang bisa digunakan untuk menuju Gunung Rinjani via Sembalun adalah bis DAMRI yang selalu stand by 24 jam di bandara. Naiklah bis DAMRI yang akan menuju Mandalika, lalu sesampainya di sana, anda harus oper untuk naik angkutan umum jenis mobil engkel warna merah dengan tujuan Aikmel. Pemberhentian berikutnya adalah Pasar Aikmel. Setelah turun di pasar tersebut, cari lah angkutan umum yang hendak ke Sembalun. Angkutan umum ini jarang yang benar-benar ditujukan untuk mengangkut manusia. Jadi, anda jangan sampai pilih-pilih. Bila ada angkutan sayur atau buah-buahan yang hendak ke Sembalun, segeralah lakukan negosiasi dengan pemilik kendaraan. Dengan begitu anda bisa “nebeng” menuju ke Sembalun dengan tetap membayar tarif angkutan sesuai kesepakatan.

Gunung Rinjani via Sembalun - danau segara anak

Perlu diketahui bahwa aktivitas transportasi angkutan umum di Pasar Aikmel ini hanya ada hingga pukul 5 sore. Sebab, pasar tidak lagi beroperasi saat malam hari. Nah, transportasi dari Aikmel tersebut adalah step terakhir bagi anda untuk bisa menuju ke Gunung Rinjani via Sembalun. Sebab, tujuan angkutan umum dari Aikmel adalah Pos Pendaftaran Pendakian Gunung Rinjani. Apabila anda tidak ingin ribet berganti-ganti transportasi seperti cara yang telah dijelaskan di atas, anda bisa menyewa mobil dari bandara untuk langsung mengantar ke Sembalun. Tarifnya mulai dari 500.000, tergantung kemampuan anda dalam menegokan harga.

Baca juga:  Aplikasi Kamera Terbaik Untuk Android, Hasilkan Gambar Layaknya Fotografer

Estimasi Waktu Pendakian Gunung Rinjani via Sembalun

Gunung Rinjani via Sembalun ini memiliki total pos sebanyak 4. Hal ini adalah wajar, mengingat gunung ini tergolong tertinggi kedua di Indonesia. Waktu pendakiannya tentunya tidak bisa digeneralisir, karena kemampuan orang mendaki berbeda-beda, tergantung kekuatan tubuh masing-masing. Namun, anda tetap bisa mengira-ngirakan waktu pendakiannya.Caranya yakni dengan menggunakan pengalaman dan cerita dari para pendaki lain yang kerap membagikan cerita pendakiannya di sosial media.

Secara keseluruhan,  total waktu yang dibutuhkan untuk mendaki rata-rata menghabiskan 3 hari 2 malam. Total tersebut bila dihitung dari jalur pendakian pertama hingga ke puncak lalu turun kembali ke jalur pertama. Nah, jika dipecah dalam hitungan per pos, rinciannya adalah sebagai berikut.

  1. Pos 1 : Sembalun – Lawang menuju Pos 1 membutuhkan waktu rata-rata 2 jam.
  2. Pos 2 : Pos 1 menuju Pos 2 waktunya berkisar 1 jam.
  3. Pos 3 : Mendaki ke Pos 3 akan menghabiskan waktu selama 2 jam.
  4. Pos 4 : Menuju Pos 4 yakni pos terakhir Pelawangan membutuhkan waktu 3 jam.
Baca juga:  Destinasi Wisata Dalam Bus Di Bandung

Gunung Rinjani via Sembalun - tenda

Pos 4 ini masih belum puncak. Sebaiknya, jangan langsung mendaki ke puncak, namun istirahatlah terlebih dulu sembari mendirikan tenda dan mengisi perut. Agar tenaga kembali terisi, tidur lah lebih cepat lalu bangun saat dini hari. Setelah itu baru lanjutkan pendakian ke puncak. Tujuannya supaya bisa menikmati sun rise tepat waktu di atas Gunung Rinjani via Sembalun ini. Waktu yang dibutuhkan untuk menuju puncak dari Pos 4 adalah 4 jam. Saat turun, anda bisa mampir ke Danau Segara Anak. Dijamin, semua kegalauan dan stress yang anda alami akan segera hilang. Sebab suguhan keindahan alam tempat ini tidak perlu diragukan lagi. Selamat mencoba dan semoga liburanmu menyenangkan ya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.