Backpacker ke Gili Trawangan : Panduan Liburan Terlengkap 2018

0
1532
backpacker ke gili trawangan

Backpacker ke Gili Trawangan merupakan destinasi liburan yang diinginkan banyak orang, terutama yang tinggal di kota. Sebab, Gili Trawangan menyuguhkan pemandangan yang masih sangat alami dan bersih. Bagi yang belum tahu, Gili Trawangan merupakan nama dari sebuah pantai yang berlokasi di Pulau Lombok bagian utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Destinasi wisata ini sangat ramai diburu wisatawan karena lokasinya yang tidak biasa, yakni terpisah dari pulau utama. Jadi, Gili Trawangan ini berbentuk pulau kecil di tengah laut. Untuk anda yang ingin mengasingkan diri dari kehidupan kota dan mencari kedamaian sementara untuk relaksasi, Gili Trawangan adalah destinasi yang tepat untuk itu.

Transportasi Menuju Lokasi Backpacker ke Gili Trawangan

Secara garis besar, ada 3 cara yang bisa anda pilih dengan menyesuaikan budget dan lokasi awal anda menginjakkan kaki di Pulau Lombok ini. Pertama adalah rute yang dimulai dari bandara. Transportasi umum dari bandara yang paling murah adalah bis DAMRI. Bis ini beroperasi 24 jam dan selalu ada bis yang stand by di bandara. Jadi, anda tak perlu khawatir akan terdampar di bandara bila tiba di Lombok dini hari sekali.

Baca juga:  Ini 5 Alasan Penting Kamu Harus Punya Kamera GoPro

Nah, untuk melakukan backpacker ke Gili Trawangan dari bandara, memang belum ada transportasi yang langsung menuju kesana. Anda harus menuju beberapa pemberhentian dan melakukan oper transportasi terlebih dulu yang akhirnya akan membawa anda ke Gili Trawangan. Pemberhentian pertama adalah di Senggigi. Dengan menggunakan bis DAMRI dari bandara ke Senggigi, waktu tempuhnya kurang lebih sekitar 1 jam. Pemberhentian kedua yang harus dituju dari Senggigi adalah Gerbang Gapura Bangsal. Untuk menuju kesana, ada dua tipe transportasi yang bisa digunakan, yakni taxi berargo dan ojek. Perbandingan harga untuk keduanya kurang lebih 2 : 1, di mana ojek tentu lebih murah dari taxi. Waktu tempuh yang dibutuhkan dalam perjalanan kedua ini adalah sekitar 45 menit dengan kecepatan sedang.

Dari gapura tersebut, anda harus menuju Pelabuhan Penyebrangan Bangsal sebagai destinasi transit yang ketiga. Apabila backpacker ke Gili Trawangan yang anda lakukan ingin sangat terasa, anda bisa berjalan untuk menuju pelabuhan ini. Namun, apabila barang bawaan anda banyak, anda bisa menggunakan transportasi bernama cidomo yang berbentuk mirip andong dengan kuda sebagai penariknya.

Baca juga:  Pantai Pink Lombok Timur : Pantai Terindah di Indonesia

bacpacker ke gili trawangan - cidomo

Sesampainya di pelabuhan, pergilah ke tempat pemesanan tiket untuk membeli tiket public boat. Public boat ini yang nantinya akan membawa anda menyebrangi lautan untuk menuju Gili Trawangan. Perlu diketahui bahwa public boat hanya beroperasi dari pukul 07.00 hingga 17.00 sore. Jadi, jika anda ingin backpacker ke Gili Trawangan di luar jam itu, anda tetap bisa naik perahu dan menyebrangi lautannya. Hanya saja, perahunya sudah tidak bersifat public lagi, namun menjadi private atau carteran. Tarifnya sendiri tentu jauh lebih mahal dari public boat yang bisa dinaiki siapa saja dan pasti selalu penuh. Harga private boat kurang lebih 800.000 sekali carter.

bacpacker ke gili trawangan - public boat

Backpacker ke Gili Trawangan via Pelabuhan Lembar

Ada 3 tempat transit dan 3 kali oper transportasi jika anda menuju Gili Trawangan dari Pelabuhan Lembar. Transit pertama adalah di Mandalika – Bertais. Jadi, dari Pelabuhan Lembar, anda naik angkot warna apa saja yang memiliki rute menuju Mandalika-Bertais. Dari situ, anda turun dan naik angkot lainnya untuk menuju tempat transit kedua, yakni Pasar Pemenang. Angkot yang melewati Pasar Pemenang ada 3, yakni jurusan Pemenang, Tanjung, dan Bayan. Setelah berada di pasar, berjalanlah ke arah Gerbang Pelabuhan Bangsal dan ikuti rute backpacker ke Gili Trawangan menggunakan cidomo yang telah dijelaskan sebelumnya.

Baca juga:  3 Destinasi Wisata Keluarga Di Bandung

bacpacker ke gili trawangan - pelabuhan lembar

Selain dua cara di atas,  ada satu cara lagi yang lebih praktis tanpa harus oper transportasi, yakni menggunakan rute via Pelabuhan Amet di Timur Pulau Bali. Dari pelabuhan tersebut, anda bisa sewa fast boat dengan tujuan langsung Gili Trawangan yang bisa ditempuh dengan waktu 2 jam. Jadi, rute mana yang akan anda pilih untuk backpacker ke Gili Trawangan? Intinya, lewat manapun itu, selalu persiapkan planning trip mu dengan baik agar liburanmu menjadi berkesan dan memuaskan. Selamat berlibur.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.