Susah Bangun Pagi? Berikut 5 Kiat Agar Kamu Bisa Bangun Pagi

0
170
By Pixabay.com

Susah bangun pagi? Inilah kebiasaan buruk yang biasa dilakukan oleh sebagian orang. Tak jarang jika kita telat bangun pagi (kesiangan) akan mendapatkan beberapa dampak buruk yang akan mengganggu aktivitas sehari – hari kita (pastinya dong). Kehilangan waktu produktif adalah salah satu dampak dari kesiangan bangun pagi. Tentunya kita tidak ingin hal tersebut terjadi di kehidupan sehari – hari.

Susah Bangun Pagi?

Kali ini Saya akan memberikan 5 kiat agar dapat bangun pagi, yang dampaknya telah Saya rasakan selama mempraktikannya.

Tidur Tidak Melebihi Pukul 10 Malam

Tidur diawal waktu memiliki keuntungan untuk diri kita sendiri karena kita akan mendapatkan waktu pemulihan tenaga yang telah terkuras saat beraktifitas di siang harinya lebih banyak dan juga membuat bangun tidur di pagi harinya menjadi lebih cepat.

Dan tahukah kamu? Berapa waktu tidur malam hari yang sangat kita butuhkan?

Menurut sleepfoundation.org , rentang rekomendasi lama waktu tidur yang ideal dibedakan lagi berdasarkan usia. Penjelasannya adalah sebagai berikut :

  • Bayi baru lahir (0-3 bulan): Rentang tidur menyempit menjadi 14-17 jam setiap hari (dari sebelumnya 12-18 jam)
  • Bayi (4-11 bulan): Rentang tidur melebar dua jam sampai 12-15 jam (sebelumnya 14-15)
  • Balita (1-2 tahun): Rentang tidur melebar satu jam sampai 11-14 jam (sebelumnya 12-14)
  • Anak-anak prasekolah (3-5 tahun): Rentang tidur melebar satu jam sampai 10-13 jam (sebelumnya pukul 11-13)
  • Anak usia sekolah (6-13 tahun): Rentang tidur melebar satu jam sampai 9-11 jam (sebelumnya 10-11 jam)
  • Remaja (14-17 tahun): Rentang tidur melebar sampai satu jam 8-10 jam (sebelumnya 8,5-9,5 jam)
  • Orang dewasa yang lebih muda (18-25 tahun): Rentang tidur adalah 7-9 jam (kategori usia baru)
  • Dewasa (26-64 tahun): Rentang tidur tidak berubah dan tetap antara 7-9 jam
  • Orang dewasa yang lebih tua (65+ tahun): Rentang tidurnya berkisar antara 7-8 jam (kategori usia baru)
Baca juga:  5 Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami Selain Dengan Lidah Buaya

Jadi, untuk mendapatkan waktu tidur yang ideal sesuai kategori diatas, pastinya juga kita mempersiapkan waktu tidur dengan tepat agar ketika bangun tidak melebihi pukul 5 atau 6 pagi. Sehingga kita tidak kehilangan waktu produktif untuk bekerja dan lain sebagainya.

Melakukan Olahraga Sebelum Tidur

Berolahraga sebelum tidur selain dapat membuat tubuh menjadi lebih segar bugar juga dapat membuat tidur lebih nyenyak loh. Setelah berolahraga kita juga akan mengalami rasa lelah + kantuk yang lebih mudah membuat kita cepat mengantuk untuk tidur pulas dan mudah membuat kita dapat bangun pagi.

Contohnya bisa jogging di rumah, push up, squat jump, sit up, pemanasan + peregangan tubuh, lompat skipping, dan olahraga ringan yang lain.

Melakukan olahraga – olahraga ringan yang cukup, dengan sendirinya tubuh kita akan terserang rasa lelah dan kantuk sehingga lebih cepat untuk tidur diawal waktu dan akhirnya menjadi mudah untuk bisa bangun pagi.

Baca juga:  Cara Memutihkan Gigi Tanpa Perawatan Mahal

Mulai Matikan Perangkat Elektronik Ketika Menjelang Tidur

Nah, biasanya inilah faktor yang menyebabkan kita tidak dapat atau susah bangun pagi karena pada malam harinya kita masih mengoperasikan smartphone dan atau gadget lainnya hingga larut malam.

Jika kamu ingin bisa bangun cepat di pagi harinya, maka mulai kurang – kurangilah aktifitas dalam mengoperasikan gadget hingga larut malam. Matikan smartphone Kamu dan mulailah bersiap untuk tidur.

Pasang Alarm

Memasang alarm merupakan tips lainnya untuk bisa bangun pagi dengan cepat. Bisa setting alarm di smartphone ataupun jika sudah dimatikan boleh menggunakan jam weker. Usahakan volume Alarm disetting lumayan tinggi agar bisa bangun sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Dan juga, ketika sudah terbangun dibangunkan oleh alarm, jangan ditunda – tunda lagi karena kita masih merasakan kantuk yang luar biasa. Biasanya ditunda dengan beribu – ribu alasan misalnya 10 menit lagi , masih terlalu pagi sehingga pada akhirnya kita tidak dapat bangun diawal pagi karena terus menunda – nunda untuk bangun.

Baca juga:  Cara Mengatasi Mabuk saat Berkendara yang Ampuh

Biasanya jika kita menunda – nunda bangun seperti itu, tandanya kita tidak memiliki niat yang kuat untuk bisa bangun pagi. Nah tips setelah ini mungkin bisa dicontohkan.

Miliki Niat Yang Kuat Untuk Bangun Pagi Awal Waktu

Setelah semua telah dipersiapkan untuk bisa bangun pagi keesokan harinya, jangan lupa untuk memiliki niat yang kuat untuk bisa bangun pagi. Kenapa? Karena niat tersebutlah yang menjadi faktor pendorong untuk kita bisa bangun di pagi harinya.

Biasanya dengan memiliki niat yang kuat dan tinggi dengan sendirinya mudah untuk bisa bangun pagi.

Oh ya dan juga buatlah alasan lain mengapa kita harus bangun pagi. Misalnya kita ingin bangun pagi dikarenakan kita ingin bisa menggunakan kuota midnight (kalong), ingin bangun sholat tahajjud, ingin sahur, ingin tidak terlambat pergi ke kantor, ingin tidak terjebak macet saat diperjalan dan lain – lain.

 

Bagaimana dengan pembahasan – pembahasan susah bangun pagi diatas? Semoga dapat membuat Kamu bisa cepat bangun pagi. Oh iya, ada tips tambahan, jangan juga meminum kopi (kafein) yang malah bisa mengganggu jam tidur karena kopi (kafein) yang malahan bisa mengusir rasa kantuk.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.