Struktur Pembuluh Darah Arteri beserta Macam-macam Jenisnya

0
1717
struktur pembuluh darah arteri

Struktur pembuluh darah arteri dalam ilmu kedokteran merupakan satu topik penting yang harus dipelajari. Dengan begitu, dokter akan lebih mudah menemukan masalah yang terjadi pada pasien dengan melihat gejala-gejala yang ditimbulkan. Walaupun begitu, pada kasus-kasus tertentu yang tidak biasa ditemui, tentunya dokter masih akan membutuhkan pemeriksaan menggunakan bantuan alat medis supaya diagnosa penyakit yang dihasilkan bisa benar-benar akurat. Simaklah artikel berikut ini untuk bisa mendapatkan pemahaman tentang struktur pembuluh nadi arteri yang lebih detail.

Struktur Pembuluh Darah Arteri di dalam Tubuh

Struktur pembuluh darah arteri dibentuk oleh tiga lapisan yakni tunika intima, tunika media, dan tunika adventisia. Tunika intima adalah bagian terdalam dari lapisan pembuluh nadi arteri. Ia terbentuk dari kumpulan sel epitel skuamos dan sifatnya halus karena dikelilingi serat elastin yang berasal dari jaringan ikat. Nah, serat halus tersebutlah yang melancarkan fungsi pembuluh nadi arteri dalam sistem peredaran darah, sebab darah bisa lancar tersalurkan akibat jalur mulus yang berasal dari bahan serat halus tersebut.

Baca juga:  Lakukan Cara Ini Untuk Menjaga Kesehatan Mata Anda

Untuk melancarkan fungsi arteri supaya darah cepat terdistribusikan, di situlah fungsi tunika media. Struktur pembuluh darah arteri satu ini tersusun dari otot polos yang bisa mengencang atau mengendurkan ototnya sesuai kebutuhan organ tubuh yang membutuhkan pasokan darah bersih. Nah, jika organ tubuh membutuhkan darah bersih sedangkan pasokan yang ada sangat minim, maka tekanan pada otot ini bisa jadi besar hingga menimbulkan penyakit tekanan darah tinggi.

Kemudian, lapisan terakhir adalah adventisia di mana ia merupakan lapisan terluar pembuluh darah arteri. Lapisan ini merupakan lapisan paling keras di antara dua lapisan lainnya. Ia terbuat dari susunan jaringan ikat kolagen dan elastin yang melekat pada jaringan di sekitar pembuluh darah.

Macam-macam Jenis Pembuluh Darah Arteri

Pembuluh darah arteri tidak melakukan semua fungsinya secara tunggal. Ia terbagi menjadi beberapa bagian yang memiliki tugas yang berbeda. Jika struktur pembuluh darah arteri terdiri dari 3 macam, jenis pembuluh nadi satu ini terbagi menjadi 4 macam yang dibedakan berdasarkan fungsi serta ukurannya seperti di bawah ini.

  1. Pembuluh Nadi Arteri Pulmonalis
Baca juga:  5 Bahaya Jika Anda Minum Air Dingin Setelah Makan

Kata pulmo dalam istilah biologi merujuk pada paru-paru. Jadi, arteri pulmonalis adalah arteri yang berinteraksi langsung dengan paru-paru. Nah, darah yang baru mengalami pertukuran oksigen – karbondioksida dari paru-paru itu dialirkan ke jantung via arteri pulmonalis ini.

  1. Pembuluh Nadi Arteri Sistemik

Arteri satu ini yang bertugas menjalankan fungsi arteri secara sistematis, yakni menyebarkan darah yang kaya nutrisi dan oksigen dari jantung ke seluruh organ tubuh yang membutuhkannya.

  1. Aorta

Struktur pembuluh darah arteri satu ini memiliki ukuran yang paling besar karena ia terletak pada susunan arteri terluar yang bisa dikatakan memiliki fungsi sebagai pintu gerbang. Jadi, sebelum darah kaya oksigen dan nutrisi itu dialirkan oleh pembuluh arteri sistemik, jalur yang harus ditempuh adalah aorta ini. Letaknya ada di bilik kiri jantung.

  1. Arteriol

Arteri terbagi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Mereka ini lah yang berinteraksi langsung dengan pembuluh darah kapiler untuk saling bertukar muatan antara arteri dengan vena. Nah, ukuran arteriol ini sangat kecil yakni sekitar 0,1 mm saja.

Baca juga:  Khasiat Daun Binahong untuk Kesehatan Tubuh

Setelah membaca ulasan di atas, tentunya pemahaman yang berkaitan dengan tema struktur pembuluh darah arteri beserta macam-macam jenisnya sudah dapat dipahami dengan lebih baik bukan? Intinya, jangan pernah berhenti belajar ketika masih belum mengerti akan suatu. Kenalilah bagian-bagian dari tubuhmu sendiri, supaya ke depannya kamu bisa lebih mudah menjaga apa yang kamu miliki. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.