Karang Gigi yang Dibiarkan Menumpuk Tanpa Penanganan

0
641
karang gigi

Karang gigi adalah salah satu masalah di mulut yang banyak dialami orang. Sering kali, bagian gigi yang terserang karang adalah bagian dalamnya. Hal ini karena karang di gigi terbentuk dari sisa-sisa makanan yang tidak tertelan yang kemudian masuk di sela-sela gigi. Walaupun awalnya menyerang bagian gigi dalam saja, bila dibiarkan terus tanpa ada penangan lebih lanjut, karang ini bisa menyebar ke bagian depan gigi juga. Dampak yang paling menonjol di awal apabila hal tersebut terjadi adalah penampilan gigi yang tak lagi cantik karena telah dihiasi oleh plak atau karang. Simak ulasan berikut untuk mengetahui lebih detail tentang dampak apa saja yang bisa diakibatkan oleh karang di bawah ini.

Dampak Pertama Karang Gigi : Bau Mulut

karang gigi - bau mulut

Walaupun hanya menempel di gigi, namun ternyata karang gigi juga bisa mempengaruhi organ-organ lain yang ada di dalam area mulut. Pengaruh yang paling terasa bila ada plak di gigi adalah adanya bau mulut yang menyengat. Bau ini berasal dari sisa-sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi hingga mengalami pembusukan. Bila dibiarkan terus, sisa-sisa makanan yang membusuk ini akan menumpuk dan menjadi sarang bakteri. Nah, di situlah sumber baunya.

Baca juga:  Khasiat Buah Rambutan : Kecil Buahnya, Sejuta Manfaatnya

Bau ini sebenarnya bergantung juga dengan apa yang anda makan sebelumnya. Semakin banyak kandungan bumbu yang terdapat di makanan tersebut, maka akan semakin bau mulut anda. Untuk mencegahnya, rutinlah menyikat gigi setiap kali selesai makan. Gunakan sikat gigi berbulu lembut dan berbentuk sesuai dengan tipe mulut anda. Dengan begitu semua bagian terkecil dari gigi bahkan di sela-selanya juga akan bisa tersikat.

Dampak Kedua Karang Gigi : Gigi Berlubang

Karang gigi yang telah menumpuk di gigi bila dibiarkan lama kelamaan akan menjadi keras. Sifatnya yang sangat menempel di gigi ini ternyata dapat merusak lapisan asli gigi yang berfungsi untuk memperkuat dan melindungi gigi. Bila lapisan permukaan gigi ini menipis bahkan hilang, maka gigi akan menjadi mudah keropos.

karang gigi - gigi lubang

Nah, sebenarnya apa yang terkandung di dalam karang sehingga ia bisa merusak lapisan permukaan gigi? Perlu diketahui bahwa karang ini mengandung zat asam yang tinggi. Bila zat asam ini terus-menerus berinteraksi dengan lapisan gigi, maka lapisan gigi akan luntur.

Baca juga:  Makanan yang Dapat Mengurangi Berat Badan dengan Aman

Dampak Ketiga Karang Gigi : Radang Gusi

Selain menempel di gigi, karang juga bisa dengan mudah mencapai gusi. Padahal, gusi ini merupakan organ di dalam mulut yang sangat sensitif. Ia mudah terluka dan terinfeksi apabila kondisi mulut anda tidak bersih. Terlebih, dalam kasus karang yang sangat membandel, bentuk karang ini bisa menjadi tajam dan berpermukaan keras. Akibatnya, gusi yang sangat rentan goresan tersebut akan mudah luka.

Beberapa contoh gejala radang gusi adalah seperti gusi berwarna pucat dan terlihat tidak segar, gusi berdarah, hingga kasus terparah adalah ketika gusi telah bernanah. Bila terus dibiarkan, karang gigi ini akan menggerus gusi hingga memaksanya menipis bahkan hilang. Tandanya, apabila gigi bagian dalam anda sampai terlihat akar giginya karena tidak terlindungi oleh gusi lagi.

Dampak Keempat Karang Gigi : Periodontis

karang gigi - periodontis

Periodontis adalah kondisi di mana jaringan lunak dan penyangga gigi telah rusak. Hal ini juga disebabkan oleh karang atau plak gigi yang dibiarkan terus menumpuk tanpa ditangani lebih lanjut. Penyakit ini merupakan dampak lebih jauh ketika gusi sudah tergerus oleh karang gigi hingga menyebabkan akar gigi terlihat jelas.

Baca juga:  3 Penyakit Berbahaya Akibat Gangguan pada Pembuluh Darah Arteri

Efek terburuk dari penyakit ini tidak lagi pada tahap gigi mudah keropos. Namun, sudah sampai gigi mudah lepas. Sebab, gigi bisa menancap kuat akibat adanya sokongan dari gusi dan fungsi penyanggan gigi dari jaringan lunak yang dimiliki mulut. Bila hal-hal ini hilang, otomatis gigi akan mudah terlepas hingga keakarnya.

Nah, apabila anda tidak ingin tumbuh dewasa dengan gigi yang ompong, maka jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter gigi apabila mengalami penumpukan plak. Perkara malu itu hanyalah di awal. Sebab, setelah menerima perawatan dari sang ahli untuk menghilangkan karang gigi, mulut anda akan terasa lebih segar. Tentunya, hal tersebut akan semakin meningkatkan rasa percaya diri anda bukan? Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.