Fungsi Pembuluh Nadi Arteri di Dalam Tubuh

0
457
fungsi pembuluh nadi arteri

Fungsi pembuluh nadi arteri sangatlah penting untuk diketahui jika kamu ingin menjaga kesehatan tubuh secara mandiri. Sebab, bisa dibilang arteri memiliki peran penting dalam menjaga keberlangsungan hidup seorang makhluk hidup. Dengan mengetahui informasi lebih lengkap mengenai pembuluh arteri, kamu bisa memperkecil kemungkinan terkena penyakit pada peredaran darah asalkan menerapkan pola hidup yang sehat. Ingin tahu lebih lanjut mengenai pembuluh nadi tersebut? Simak penjelasan lengkap di bawah ini.

Fungsi Pembuluh Nadi Arteri pada Sistem Peredaran Darah

Darah yang beredar dalam tubuh makhluk hidup sebenarnya tidak hanya diedarkan oleh pembuluh darah arteri saja, melainkan ada dua pembuluh lainnya yakni pembuluh kapiler dan pembuluh balik vena. Masing-masing memiliki fungsi yang berbeda namun saling melengkapi. Fungsi pembuluh nadi arteri sendiri secara garis besar ada 4 macam.

Fungsi utamanya adalah untuk mengedarkan darah dari jantung ke seluruh jaringan tubuh. Jadi, setelah darah kotor disaring dan dimurnikan, pembuluh nadi arteri akan mendistribusikannya ke organ-organ tubuh supaya tubuh tetap bisa bekerja sesuai dengan fungsinya. Jika arteri ini bermasalah, maka organ tubuh yang tidak menerima aliran darah dari arteri bisa kurang berfungsi bahkan bisa mati.

Baca juga:  Khasiat Daun Binahong untuk Kesehatan Tubuh

Nah, supaya organ tubuh tetap sehat, dibutuhkan aliran darah yang dibawa arteri ini. Hal ini dikarenakan darah dari arteri mengandung banyak oksigen serta nutrisi yang menyehatkan. Menyalurkan oksigen dan nutrisi yang baik untuk tubuh merupakan fungsi pembuluh nadi arteri yang kedua.

Fungsi yang ketiga adalah untuk membersihkan darah dari zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh organ tubuh, misalnya zat karbondioksido (CO2). Nantinya, pembuluh darah arteri ini akan membantu pengeluaran zat berbahaya tersebut supaya organ tubuh tetap bisa berfungsi secara optimal. Karena, sebuah hambatan bila tetap disimpan di dalam tubuh, ia akan mempengaruhi efektivitas kinerja organ tubuh yang lain.

Fungsi pembuluh darah arteri yang terakhir adalah sebagai penyeimbang bagi elemen-elemen penting yang ada di darah. Misalnya ketika ada organ tubuh yang kekurangan protein, maka arteri akan mendistribusikan protein yang ada di darah dengan jumlah yang cukup pada organ tersebut. Begitu juga elemen lain seperti zat imun dan sebagainya.

Baca juga:  Cara Mempercepat Haid Selesai yang Aman dan Alami

Nah, setelah membaca penjelasan mengenai fungsi pembuluh nadi arteri di atas, semoga kita semua bisa lebih awas dalam menjaga kesehatan tubuh. Sebab, di dalam tubuh yang sehat ada jiwa yang kuat. Salam hidup sehat.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.