Ciri-ciri Kangker Payudara : Informasi Penting untuk Para Wanita

0
162
ciri-ciri kangker payudara

Ciri-ciri kangker payudara sangat penting diketahui bagi para wanita. Sebab, penyakit satu ini hampir tidak menunjukkan rasa sakit apapun di tahapan-tahapan awal. Hal ini pula lah yang membuat wanita sering kali terlambat menyadari jika dirinya sedang mengidap penyakit ini. Padahal, menurut keterangan kementrian kesehatan, kangker payudara termasuk salah satu penyakit yang paling banyak merenggut nyawa kaum wanita di tanah air ini. Karena itu, langsung saja simak gejala dan ciri-cirinya berikut ini.

Ciri-ciri Kangker Payudara yang Nampak secara Fisik

Sesuai imbauan dari kementrian kesehatan, setiap wanita yang telah masuk masa puber sebaiknya mempelajari dan mengetahui bagaimana cara memeriksa payudara sendiri.  Jika anda malu atau merasa bahwa topik ini masih tabu untuk ditanyakan pada orang lain, anda bisa melakukan search di Google, karena tips pengecekannya sudah banyak tersebar di internet.

Walaupun begitu, terkadang setelah melakukan pengecekan sendiri pun, wanita masih kerap ragu dan tidak bisa membedakan apakah itu payudara yang sehat dan normal, ataukah terkena kangker. Karenanya, berikut akan dipaparkan ciri-ciri yang lebih jelas, mudah dimengerti, dan tampak secara fisik.

Baca juga:  Benarkah Tidur Larut Malam dan Bangun Siang, Karirnya Akan Sukses

Payudara Berwarna Pink Kemerah-merahan

ciri-ciri kangker payudara - merah

Kulit tubuh orang Indonesia umumnya berwarna kuning langsat, dan begitu juga dengan kulit payudara. Nah, bila kulit payudara anda tiba-tiba berwarna pink padahal anda tidak habis terbentur atau hal-hal lain yang biasa membuat kulit menjadi merah, anda patut untuk waspada. Sebab, berubahnya warna payudara merupakan ciri-ciri kangker payudara yang paling awal nampak. Bagian yang berubah warna tidak hanya satu titik saja, namun biasanya memiliki area yang lebar sehingga pasti terlihat jelas.

Payudara Membengkak dan Membesar

Besar atau kecilnya payudara ini ditentukan oleh genetik keluarga anda. Selain itu, berat badan juga terkadang memiliki pengaruh terhadap besar tidaknya payudara, walaupun tidak berlaku untuk orang dengan genetik tertentu. Jadi, ciri yang satu ini memang lebih susah untuk dilihat, terlebih apabila yang mengalami perubahan ukuran adalah kedua payudara.

Ciri ini akan lebih mudah dilihat ketika payudara yang terserang kangker hanya salah satu saja. Sebab, payudara yang bengkak hanyalah yang sel kangkernya telah aktif dan membesar. Alasannya karena ukuran sel kangker yang membesar ini akan semakin tumbuh dan membutuhkan ruang yang baru di payudara. Sehingga, payudara yang memiliki kulit elastis akan menyesuaikan ukuran dengan apa yang ada di dalamnya.

Baca juga:  Struktur Pembuluh Darah Arteri beserta Macam-macam Jenisnya

Nyeri di Payudara

Ciri-ciri kangker payudara yang ketiga adalah timbulnya rasa nyeri. Bagi wanita yang telah mengalami menstruasi, tentunya ciri satu ini sudah sangat familiar untuk dirasakan. Sebab, nyeri di payudara juga merupakan ciri saat PMS tiba. Namun, terdapat perbedaan antara nyeri yang disebabkan oleh PMS dengan nyeri akibat sel kangker yang aktif.

Perbedaan pertama terletak pada kondisi payudara. Apabila rasa nyeri itu bersamaan dengan otot payudara yang menegang, maka itu adalah efek dari PMS. Kedua, umumnya nyeri pada payudara orang PMS ini menyerang kedua payudara, sedangkan pada penderita kangker tidak tentu keduanya. Bila yang terserang hanya satu bagian payudara, maka yang akan terasa nyeri hanyalah satu bagian itu juga. Kemudian, yang menjadi pembeda pada ciri-ciri kangker payudara lainnya adalah ketika anda merasa nyeri yang dibarengi dengan rasa gatal, karena pada nyeri PMS tidak terdapat gejala gatal di payudara.

Baca juga:  Khasiat Daun Binahong untuk Kesehatan Tubuh

Bengkak pada Kelenjar Getah Bening

ciri-ciri kangker payudara - bengkak

Kelenjar getah bening ini terletak di ketiak dan di atas atau di bawah tulang selangka. Nah, bila anda raba dan merasa terjadi pembengkakan di salah satu atau kedua bagian getah bening tersebut, bisa jadi anda telah terserang kangker. Pada kasus yang sudah serius, biasanya pembengkakan ini akan terlihat dengan jelas. Sebab, kulit payudara pada bagian yang membengkak akan mengalami penebalan dan akan terasa kasar saat disentuh. Selain itu, warna kulit di bagian yang terdapat kangkernya juga akan berubah menjadi lebih gelap.

Nah, jika anda menemukan tanda-tanda tersebut di tubuh anda, segeralah pergi ke dokter dan memeriksakannya. Jangan sampai menyepelekan ciri-ciri kangker payudara ini karena imbasnya akan sangat merugikan anda dan keluarga. Selalu semangat ya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.