Cara Mengatasi Mabuk saat Berkendara yang Ampuh

0
107

Cara mengatasi mabuk saat berkendara harus dipelajari sebelum anda memutuskan untuk bepergian jauh. Sebab, mabuk saat berkendara tentu akan membuat perjalanan terasa tidak menyenangkan. Selain diri anda sendiri tidak bisa menikmati momen dalam perjalanan tersebut, orang yang sedang berkendara dengan anda juga akan merasakan imbasnya. Terlebih bila mabuk yang anda derita sampai membuat anda pusing hingga muntah. Pasti perjalanan akan terhambat bukan?

Cara Mengatasi Mabuk saat Berkendara dalam Perjalanan Jauh

Nah, untuk menanggulangi masalah yang dipaparkan di atas, ada dua tindakan yang bisa anda lakukan. Pertama adalah pencegahan, dan kedua adalah cara mengatasinya apabila anda sudah terlanjur mabuk kendaraan. Sebelumnya, perlu diketahui bahwa mabuk kendaraan darat ini biasanya dialami ketika anda naik kendaraan roda empat saja. Contoh kasus yang paling sering terjadi adalah ketika anda naik mobil dan bis. Terapkanlah cara-cara di bawah ini supaya anda bisa mencegah timbulnya mabuk darat.

  1. Perbaiki Kondisi Tubuh

Tubuh yang prima akan menjadi kunci utama sebagai cara mengatasi mabuk saat berkendara. Sebab, ketika kondisi tubuh anda sehat, maka semua organ di dalam tubuh akan saling mendukung sehingga tubuh akan menjadi kuat. Kekuatan ini juga akan berpengaruh terhadap kondisi mental anda. Bila mental dan psikis anda kuat, tentu mabuk tidak akan menjadi masalah lagi.

  1. Doktrin untuk Relaksasi Pikiran

Mabuk darat biasanya dialami secara berkelanjutan oleh seseorang. Artinya, orang yang mabuk darat itu setiap kali naik kendaraan roda empat pasti akan merasakan mabuk. Karenanya, secara psikologis mereka sudah punya stigma di pikirannya bahwa nantinya mereka akan mabuk saat di dalam kendaraan. Nah, stigma ini perlu anda rubah.

Baca juga:  Tips Cara Merawat Payudara Agar Tetap Sehat dan Kencang

Caranya, berikanlah doktrin yang positif pada diri anda sendiri. Yakinkan diri anda bahwa tubuh anda ini kuat dan dalam perjalanan nanti anda tidak akan mabuk. Bila anda berhasil melakukan doktrin ini, efek yang nampak adalah denyut jantung anda menjadi stabil dan kekhawatiran menjelang dilakukan perjalanan itu akan hilang. Nah, ketika pikiran telah tenang begini, maka tubuh anda akan lebih siap dibawa berkendara. Dengan begitu, cara mengatasi mabuk saat berkendara yang anda lakukan bisa dikatakan sukses.

cara mengatasi mabuk saat berkendara 1

  1. Alihkan Perhatian dari Suasana Berkendara

Ketika di dalam mobil atau bis, sebaiknya anda tidak berdiam diri saja. Sebab, hal tersebut akan membuat anda sadar bahwa anda sedang berada di dalam kendaraan yang sedang melaju. Akibatnya, tubuh dan psikis anda akan tetap tegang dan terbayang akan perihal mabuk. Jadi, lakukanlah hal-hal yang bisa mengalihkan perhatian dan pikiran anda sampai anda rileks dan tidak merasakan suasana kendaraan.

Baca juga:  5 Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami Selain Dengan Lidah Buaya

Caranya, anda bisa mengajak ngobrol orang yang duduk bersebalahan dengan anda di bis. Jika naik mobil, anda bisa bercanda dan saling bercerita tentang hal-hal yang lucu. Jika memungkinkan, anda juga bisa membawa alat-alat bermain yang bisa dilakukan bersama di dalam mobil seperti kartu remi, kartu uno, bahkan kartu tarot untuk bermain ramalan.

  1. Duduk di Depan

Tips keempat ini merupakan cara mengatasi mabuk saat berkendara yang paling umum dilakukan orang. Hal ini karena posisi di depan akan membuat mata mendapatkan view yang jelas tentang jalanan di depan. Dengan begitu, mereka tidak akan mendapatkan pemandangan di dalam kendaraan yang biasanya penuh , sesak, dan lain-lain.

Posisi depan juga paling aman dari goncangan ketika melewati jalanan yang tidak rata, polisi tidur, atau lain-lainnya. Karena, posisi badan akan tetap stabil dan isi perut tidak akan terkocok. Sebab, itulah yang menjadi penyebab orang merasa mual dan ingin memuntahkan isi perutnya.

  1. Minum Obat

cara mengatasi mabuk saat berkendara 2

Satu jam sebelum berkendara, minumlah obat anti mabuk sesuai dengan takarannya. Dengan begitu, efek obat akan langsung terasa tepat ketika anda masuk di dalam kendaraan. Biasanya, obat anti mabuk ini akan membuat anda tertidur. Sehingga, anda tidak akan sadar ketika ada di dalam perjalanan.

Baca juga:  Tips Melangsingkan Perut dengan Hanya Duduk Di Kursi

Mabuk saat berkendara juga bisa disebabkan karena masuk angin akibat AC. Karenanya, anda bisa minum obat masuk angin bila penyebab mabuk anda adalah masuk angin. Dalam hal ini, anda bisa mengubah arah himbusan AC yang mengarah pada anda. Bila kondisi di luar mobil sudah sejuk, anda bisa mematikan AC dan memanfaatkan udara alami dari luar saja.

Demikian tips dan cara mengatasi mabuk saat berkendara yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat bagi anda sekalian.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.