Cara Memutihkan Gigi Tanpa Perawatan Mahal

0
183
cara memutihkan gigi

Cara memutihkan gigi secara alami pasti banyak diincar orang. Sebab, cara alami terkenal dengan kemurahannya karena bahan-bahannya bisa didapat dengan mudah di sekitar kita. Selain itu, perawatan gigi memang termasuk salah satu perawatan tubuh yang membutuhkan biaya mahal. Belum lagi bila kondisi giginya jelek, biasanya orang akan malu bertemu dokter gigi untuk memeriksakannya. Nah, agar gigi anda menjadi sedikit lebih baik sebelum berkonsultasi dengan dokter, lakukan cara-cara di bawah ini untuk mendapatkan warna gigi yang lebih putih.

Cara Memutihkan Gigi dengan Siwak

cara memutihkan gigi 3

Siwak merupakan alat yang digunakan untuk membersihkan gigi sebelum adanya sikat gigi dan pasta gigi di zaman dulu. Siwak ini terbuat dari akar atau batang pohon yang berasal dari spesies Persica Salvadora. Bentuk dari spesies ini adalah batang atau akarnya kecil dan tidak bersifat keras. Di negeri Arab, kayu yang digunakan sebagai alat siwak adalah batang atau akar dari pohon arak. Kandungan pohon arak yang bermanfaat sebagai cara memutihkan gigi adalah klorida, fluoride, dan bahan silika.

Baca juga:  Fungsi Pembuluh Nadi Arteri di Dalam Tubuh

Di Indonesia, siwak sudah dijual dalam bentuk siap pakai. Tempat yang banyak menjual siwak adalah toko-toko yang berdagang di daerah makam-makam wali. Harga siwak ini bervariasi tergantung ukuran dan jenis kayu yang digunakan. Agar gigi anda tidak hanya putih, anda bisa memilih siwak yang kayunya beraroma. Dengan begitu, gigi dan mulut akan wangi setelah melakukan siwak.

Cara Memutihkan Gigi dengan Arang Kayu

cara memutihkan gigi 2

Baru-baru ini di Instagram sedang viral challenge menggosok gigi dengan menggunakan pasta gigi warna hitam. Nah, bahan dasar dari pasta tersebut adalah arang kayu. Namun, arang ini bukan arang sembarangan seperti yang digunakan untuk membakar ikan. Arang ini harus berupa charcoal atau arang aktif. Nah, kandungan arang aktif tersebutlah yang berfungsi untuk memutihkan gigi.

Cara memutihkan gigi menggunakan arang aktif ini tidak boleh sembarangan. Takarannya harus pas, karena jika berlebihan kesehatan anda justru akan bermasalah. Sebab, arang kayu memiliki kandungan karbon monoksida yang tinggi. Bila tubuh banyak menghirup kandungan ini, anda akan merasa pusing bahkan bisa pingsan.

Baca juga:  Tips Melangsingkan Perut dengan Hanya Duduk Di Kursi

Cara Memutihkan Gigi Menggunakan Kulit Jeruk

Kulit jeruk yang biasanya dibuang bisa anda gunakan untuk memutihkan gigi. Caranya adalah dengan menggosok-gosokkan kulit bagian dalam ke gigi. Saat melakukan proses ini, jangan sampai mengenai gusi. Sebab, gusi sangat rentan dengan vitamin C tinggi yang ada di kulit jeruk. Selain itu, bila gusi bergesekan dengan benda kasar seperti kulit jeruk, maka ia bisa luka dan mengalami peradangan.

cara memutihkan gigi 1

Selain cara memutihkan gigi yang telah dijelaskan di atas, ada juga tindakan pencegahan yang bisa anda lakukan supaya gigi tidak sampai berwarna kuning. Tips-tipsnya seperti di bawah ini.

  1. Mengurangi Konsumsi Kafein

Kafein adalah penyebab utama berubahnya warna gigi. Kafein ini banyak dikandung oleh kopi dan teh. Jadi, bila anda ingin memiliki gigi yang putih, jumlah maksimal teh atau kopi yang bisa diminum adalah satu cangkir dalam seminggu. Dengan catatan, langsunglah berkumur dengan air bersih atau bisa juga menggosok gigi bila ingin hasil pencegahan yang maksimal.

  1. Perbanyak Makan Buah

Kandungan serat yang tinggi pada buah ternyata tidak hanya bisa berguna untuk melancarkan pencernaan dan mendukung diet. Namun, ia juga merupakan cara memutihkan gigi yang efektif. Caranya tidak ribet, yakni tinggal langsung makan saja. Nantinya, ketika dikunyah ia akan langsung memberikan manfaat terhadap gigimu. Sebagai tips, pilihlah buah-buahan yang mengandung banyak air. Dengan begitu, ketika dimakan ia bisa sekaligus membilas sisa-sisa makanan yang tidak tertelan dan bersembunyi di sela gigi.

Baca juga:  Minum Air Putih setelah Bangun Tidur : Rahasia Hidup Sehat

Merawat dan menjaga kesehatan gigi pasti lah penting. Sebab, gigi merupakan bagian dari aset yang menunjang penampilan. Terlebih, ketika anda senyum pasti gigi anda juga akan terlihat. Ketika gigi anda rapi, bebas dari karang gigi, dan berwarna putih, pasti tingkat percaya diri anda juga akan semakin baik. Nah, bila gigi anda mengalami masalah serius hingga tidak bisa ditangani dengan cara memutihkan gigi sendiri, jangan takut untuk memeriksakan diri ke dokter. Lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali bukan? Jadi, selalu stay healthy ya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.