Saham adalah Instrumen Investasi Terbaik dan Paling Menguntungkan. Mau Tau?

0
124
Saham

Salam untuk semua pengunjung setia Hobybaca! Kali ini saya Zulbiadi Latief ingin ikut berbagi soal apakah saham merupakan jenis investasi terbaik dan paling menguntungkan atau tidak. Intinya, di kesempatan ini saya mau membandingkan seberapa menarikkan berinvestasi di saham dibanding dengan yang lainnya seperti deposito, emas, reksadana dan lainnya.

Jika anda PNS, karyawan swasta atau pun pekerja lepas yang tidak terikat pada instansi apa pun maka sebaiknya mulai sekarang, mumpung masih muda, memikirkan tempat investasi yang terbaik yang seharusnya dipilih. Jadi jangan hanya mengandalkan uang pensiun karena bisa jadi tidak bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari nantinya.

Kenapa harus saham?

Ini pertanyaan menarik sebenarnya. Sebagai seorang analis saham saya pribadi dulunya juga masih bertanya-tanya mana sih yang paling baik dan paling menguntungkan? Hanya saja, sekarang saya sudah punya jawabannya dan banyak berbagi soal tips cara bermain saham online.

Ya, saham yang terbaik. Karena ada satu alasan kuat yang sama sekali tidak bisa dibantah bahwa orang yang pernah menduduki peringkat pertama orang terkaya di dunia, yakni Warren Buffett, instrument investasi yang ia geluti adalah saham. Ia bahkan sama sekali tidak mengalokasikan dananya untuk property dan tempat investasi lainnya.

Dan tahukah Anda, berapa modal awal Warren Buffett waktu pertama kali masuk di pasar saham? Ya, hanya $100 saja. Dan secara latar belakang, beliau sama sekali bukan dari keluarga kaya, semua kekayaan yang ia terima dan nikmati saat ini murni dari saham semua.

Baca juga:  Inilah TOP 3 Platform Video Pembelajaran Online Berkualitas Bahasa Indonesia Versi HOBYBACA

Kalau ditanya berapa kali lipat keuntungan yang ia peroleh maka soal ini jangan ditanya lagi karena posisi orang terkaya di dunia yang ia capai adalah sudah merupakan jawaban dari pertanyaan tersebut.

Itu artinya, mau bagaimana pun saham selalu menjadi pilihan investasi buat orang yang mau cepat melipatgandakan penghasilannya. Dan menariknya, saham ini, jika ditinjau dari sisi hukum Islam, ia adalah jenis investasi yang halal, tinggal anda mau memilih saham syariah atau tidak.

Di atas baru plog sebenarnya, sekarang mari kita lihat apa saja kelebihan dari saham ini kenapa ia harus dipilih.

Saham adalah Instrumen Investasi Terbaik dan Paling Menguntungkan

Di atas sudah ada gambaran sedikit kenapa saya, Zulbiadi Latief, sebagai analis saham merekomendasikan memilih jenis investasi ini. Dan berikut beberapa pertimbangannya:

  1. Likuiditas

Ya, kalau kamu mau berinvestasi dan mudah ditarik kapan pun kamu mau maka saham adalah salah satunya. Bahkan nih, waktu yang dibutuhkan dalam bertransaksi saham, baik itu menjual atau membeli saham yang kita incar, hanya butuh waktu kurang dari 1 menit saja. Asalkan harga offer atau penawaran jual yang kamu lakukan sesuai dengan harga bid atau penawaran beli dari investor lain.

Sangat berbeda dengan property, untuk menjualnya ke orang lain waktunya tidak bisa sehari saja, kadang kita butuh untuk melakukan negosiasi berulang-ulang baru bisa ketemu pembeli. Belum lagi, pemilik property tersebut harus menyediakan biaya iklan dan biaya transaksi lainnya untuk bisa menjual property miliknya.

Baca juga:  Smartphone Ilegal atau BM Akan Diblokir?

Ada juga investasi lain yang likuiditas atau kemudaham transaksinya cepat, di antaranya adalah emas. Hanya saja, kalau emas jenis perhiasan biasanya harganya bukannya malah tambah naik, tapi malah lebih rendah dari harga belinya di awal.

Jadi tips juga nih, kalau investasi di emas sebaiknya belinya yang batangan saja, apakah itu per 5 gram atau yang lebih tinggi. Selain itu, kalau terpaksa harus beli perhiasan, maka usahakan jangan beli yang ada permatanya karena kalau dijual kembali bagian itu tidak dihitung sehingga sudah pasti ia akan lebih rendah dari harga belinya di awal.

Selain emas, ada juga deposito bank yang juga dikatakan likuid oleh banyak ahli keuangan. Hanya saja, keuntungan dari deposito terbatas sekali, bahkan saat ini nilainya paling sekitar 5% saja. Sedang di saham, nilai segitu baru dividennya saja, belum keuntungan dari selisih harga jual dan belinya bila saham tersebut dijual, istilahnya capital gain.

  1. Keutungan

Mengenai ini sebenarnya sudah saya bahas di awal, tapi itu baru perkenalan. Sekarang saya mau bicara soal fakta langsung berapa nilai investasi yang bisa didapat dari saham ini sebenarnya.

Dan biar tidak terlalu jauh mengambil contohnya, saya contohkan saja salah satu investor kawakan asal Indonesia, namanya L    o Kheng Hong (LKH). LKH ini juga awalnya hanya seorang karyawan saja, tapi setelah belajar bagaimana langkah cara bermain saham dengan modal kecil dan mulai disiplin menyisihkan gajinya untuk diinvestasikan di pasar saham, ia akhirnya bisa resign dan fokus berinvestasi di instrument ini.

Baca juga:  Ada yang Baru Nih! Realme 2 Pro Indonesia

Keuntungan yang dicapai oleh LKH disebut-sebut lebih dari 100.000% dan oleh beberapa media online menyebutkan bahkan kekayaan LKH saat ini telah mencapai 2 Triliun lebih. Sungguh nilai yang luar biasa jika nilai tersebut dimiliki hanya seseorang saja, terlebih lagi itu dihasilkan dari uang tabungan yang nilainya tidak seberapa di awalnya.

Adapun Warren Buffett, secara konsisten ia hanya menghasilkan 30% per tahun saja, tapi karena nilai itu konsisten dan terus berank pinak, ibarat bola salju yang menggelinding yang semakin jauh menggelinding semakin besar, maka lambat laun nilai investasi Warren Buffett mengalahkan semua nilai investasi dari investor lain, bahkan semua perusahaan sekuritas dan private equity yang ada.

Saya cuma punya dua pertimbangan di atas, selebihnya, jika kamu juga sudah punya pengalaman soal saham sebagai investasi paling menguntungkan ini silahkan berkomentar di bawah dan share ke pembaca lain biar bisa saling berbagi ilmu.

Profil  :

Nama: Zulbiadi Latief
Pekerjaan: Blogger & Analis Saham
Hobi : Menulis
Asal : Semarang
Blog : http://analis.co.id/

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.